Saturday, January 5, 2013

Sejarah Renang Dunia Dan di Indonesia

Sejarah Renang Dunia

Renang sudah dilakukan sejak adanya manusia itu sendiri. Sejarah renang dapat di temukan diberbagai belahan dunia. di Yunani renang merupakan salah satu pokok terpenting dalam pendidikan keseluruhan. Bangsa romawi menganggap bahwa renang merupakan suatu faktor penting dalam pendidikan keprajuritan. 

Pada tahun 1800 di Jerman dan Australia dibuat kolam renang yang pertama kalinya sebagai tempat latihan renang para prajurit dan mulai saat itu renang dimasukan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah ketentaraan. 

Gaya renang yang pertama kali di temukan adalah daya meniru anjing yang menyeberang sungai maka gaya tersebut di namakan "dog style" atau gaya anjing, sedangkan gaya berikutnya adalah gaya yang menggunakan kaki seperti menggunting dan gerakan tangan keluar dari permukaan air gaya tersebut dikenal dengan nama gaya bebas yang pertama kali memperkenalkan adalah seorang perenang Inggris bernama Trudgeon.

Inggris merupakan negara pertama yang mempunyai banyak kolam renang dan ada sekitar 300 perkumpulan renang sehingga olahraga renang dapat dikatakan berasal dari negara Inggris dan perenang yang terkenal pada waktu itu yaitu Frederik Cavell, yang juga penemu gaya dengan gerakan seperti harimau merangkak kemudian gaya tersebut dikenal dengan nama gaya Crawl yang berarti gaya merangkak.

Pada tahun 1908 saat berlangsungnya olympiade di London terbentuklah badan perseriktan renang international yang diberi nama Federation Internationale de Nation Amateur disingkat FINA. Mulai saat itulah olahraga renang berkembang sangat pesat dan selalu dilombakan pada Olympiade-olympiade dunia.

Sejarah Renang di Indonesia 

Pada zaman kerajaan Majaphit orang sudah berani menyeberani sungai dan mengarungi lautan dengan rakit dan perahu, pada waktu itu renang dilakukan untuk keperluan berperang, sebagai bajak laut, atau untuk keperluan menangkap ikan. prajurit Majapahit dengan armada perangnya berani mengarungi lautan untuk menambah daerah kekuasaan ke berbagai pulai di Nusantara. Tanpa kemampuan berenang yang baik hal ini mustahil dilakukan, demikian juga dengan kisah Sultan Hadiwijaya yang sebelumnya dikenal dengan nama Jaka Tingkir pada waktu itu melakukan perjalanan mengarungi sungai-sungai besar menggunakan rakit. Demikian juga pada situs-situs sejarah seperti Candi banyak ditemaukan kolam-kolam renang yang digunakan untuk mandi para Raja-raja jaman itu sebagai bukti bahwa renang telah dilakukan oleh para raja dan bangsawan di tanah air walaupun belum diketahui bagaimana gayanya.

Pada jaman penjajahan orang-orang Belanda banyak mendirikan kolam renang di Indonesia. Kolam-kolam  renang itu dibuat di kota-kota besar tempat orang-orang kulit putih banyak menetap. Kolam renang yang pertama kali di dirikan di Indonesia ialah kolam renang Ciampelas dikota Bandung pada tahun 1904. Kemudian berturut-turut menyusul kolam renang Cikini di Jakarta, kolam renang Brantas di Surabaya. Pada tahun 1930 dibuat kolam renang di Manggarai (Jakarta), Tegalsari di Surabaya, Kolam renang di Cirebon dan Semarang.

Pada tanggal 24 Maret 1951 berdiri Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia yang disingkat PBSI dengan ketuanya dr. Poerwosoedarmo. Baru pada tahun 1951 PBSI dierima menjadi anggota FINA dan Internationale Olympic Comittee (IOC).

Olahraga renang di Indonesia sudah diperlombakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 1 di Surakarta tahun 1948 dengan gaya-gaya renang modern yaitu gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung.
Pada penyelenggaraan PON ke IV di Makasar tahun 1957 Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI) diubah namanya menjadi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) dan pada waktu itu pertama kalinya gaya kupu-kupu dipertandingkan.

Demikian sekilas tentang sejarah reang dunia dan di Indonesia semoga bermanfaat bagi sobat blogger dan para siswa yang ingin mengetahui tentang sejarah renang. Jika ada kekeliruan silahkan konfirmasi dan tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah ini.

Sumber Pustaka:

No comments:

Post a Comment