Sunday, January 20, 2013

Cara Menyusun Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Kenaikan pangkat dan jabatan dalam suatu pekerjaan menjadi dambaan semua orang, tidak terkecuali guru. Peraturan Menteri Negara Pendayaguanaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan fungsional guru dan angka kreditnya, memuat perubahan yang mendasar berkaitan dengan tata cara penilaian angka kredit guru. sebelum Permen no 16 tahun 2009 ini berlaku seorang guru dapat mengajukan penilaian angka kredit dalam waktu minimal empat semester atau dua tahun sekali dan syarat-syarat yang relatif gampang, tetapi setelah berlakunya Peraturan tersebut di atas banyak kalangan yang mengatakan sangat berat untuk melakukan pengajuan penilaian angka kredit dan kenaikan pangkat bagi guru, hal ini didasarkan pada ketentuan yang mensyaratkan adanya karya tulis ilmiah, baik yang berupa makalah maupun penelitian tindakan kelas (PTK).

Guru sebagai pendidik di sekolah mempunyai tugas pokok yang berat seperti mendidik, melatih, mengajar sekaligus melakukan perencanaannya. Sekarang harus ditambah dengan melakukan penelitia tindakan kelas ini menjadikan tugas guru semakin berat, namun apapun tugas yang diembang seorang guru harus siap menghadapi dan melaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Pada posting kali ini penulis mencoba menshare cara menyusun penelitian tindakan kelas (PTK). penulisan ini tidak bermaksud menggurui rekan-rekan guru tetapi semata-mata ingin berbagi pengalaman tentang cara menyusun penelitian tindakan kelas (PTK. Bagi rekan guru yang sudah mahir menulis penelitian tindakan kelas penulis mohon kritik, dan saran yang membangun, dan bagi rekan-rekan yang masih bingung menyusun penulisan penelitian tindakan kelas (PTK) mari kita sama-sama belajar agar tugas dan kewajiban yang kita embang tidak menjadi beban. Okey sudah terlalu banyak yang penulis omongkan, jadi langsung saja kita ke permasalahan yaitu bagaimana cara menyusun penelitian tinadkan kelas (PTK)?  

Lankah-langkah Menyusun Penelitian Tindakan Kelas:

Langkah pertama adalah membuat judul. Judul dalam penelitian tindakan kelas sekurang-kurangnya memuat dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). variabel bebas biasanya berupa cara, metode, media/alat bantu yang akan digunakan dalam pembelajaran yang berdampak bagi peningkatan hasil. Variabel terikat berupa kompetensi dasar, subkompetensi dasar dari mata pelajaran yang akan diteliti dan ditingkatkan hasilnya. Setelah membuat judul dilanjutkan dengan menulis bab 1. Penulisa bab 1 harus berdasarkan urutan yang benar dan sistematik seperti di bawah ini:  

A. Latar Belakang

Dalam menulis latar belakang sekurang-kurangnya terdiri dari:
- Menulis pembelajaran yang ideal
- Menulis kenyataan yang ada (kondisi awal)
- Kenyataan yang ditulis perlu didukung oleh fakta/data
- Masalah pokok: mengandung kondisi awal dari subyek yang diteliti
- Masalah lain: mengandung kondisi awal dari peneliti
- Solusi pemecahan/penyelesaian dan langkah-langkahnya (secara garis besar)  

B. Identifikasi Masalah

Mengidentifikasikan masalah-masalah yang timbul dalam pembelajaran, yang menyebabkan kualitas, prestasi, maupun hasil belajar masih rendah. Faktor-faktor yang menjadikan kualitas dan hasil belajar rendah bisa dilihat dari siswa, metode belajar, model belajar, atau juga dari guru sendiri. Setelah tahu faktor penyebab selanjutkan mencari cara untuk mengatasinya. Lebih jelasnya dalam mengidentifikasikan masalah dapat disusun sebagai berikut:
- mengapa variabel terikat (Y) rendah?
- mengapa variabel terikat (Y) perlu ditingkatkan?
 - faktor-faktor apa yang menyebabkan Y rendah?
- bagaimana caranya agar Y meningkat?
- apa yang harus dilakukan guru agar Y dapat meningkat dan seterusnya.  

C. Pembatasan Masalah

Langkah awal untuk pembatasan masalah dengan melihat identifikasi masalah kemudian mencari masalah yang paling penting dan urgen untuk diselesaikan. pembatasan masalah bertujuan agar penelitian lebih terfokus. Pembatasan masalah bisa dimulai dengan membatasi atau menjelaskan variabel terikat misalnya: materi apa, siswa mana, kelaas berapa, semester kapan, tahun kapan, d an seterusnya. dilanjutkna dengan membatasi atau menjelaskan variabel bebas seperti: metode apa, alat peraga apa, kapan tindakan itu dilakukan.  

D. Rumusan Masalah

Rumusan masalah memuat hal-hal sebagai berikut:
- dikebangkan dari identifikasi masalah dan pembatasan masalah
- umumnya berbentuk kalimat tanya
- kalimat tanya pada rumusan maslah lebih terinci karena telaj melalui identifikasi masalah dan pembatasan masalah.
 - kalimat tanya yang diajukan mengacu ke variabel pada maslah pokok (Y) dan variabel pada masalah lain (X) - kalimat tanya pada rumusan masalah harus dijawab
- sebagia dasar untuk penentuan teori yang akan digunakan
- sebagia arah dalam menentukan judul penenlitain
- sebagia arah dalam menentukan metode penelitian
- sebagai arah dalam menentkan jenis penelitian.
Contoh:
Berdasarkan latar belakang, identifikasi dan pembatasan masalah tersebut di atas, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut: - Apakah melalui X dapat meningkatkan Y bagi...?  

E. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian dibagi menjadi 2 yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
- tujuan umum untuk meningkatkan Y secara umum (belum menyebutkan kelas berapa dan waktunya)
- tujuan khusus. sudah menyebut secara rinci: siswa, kelas, sekolah, dan tahun.  

F. Manfaat Penelitian

 Manfaat penelitian juga terdiri dari 2 yaitu:
- manfaat teoritis, untuk mendapatkan pengetahuan atau teori baru dan sebagai dasar untuk penelitian selanjutnya.
- manfaat praktis, bagi siswa, bagi guru,bagi sekolah dan seterusnya.
 Sekian dulu cara menyusun penelitian tindakan kelas (PTK) yang bisa penulis sampaikan untuk BAB II dan selanjutnya Insya Allah akan dishare lain waktu. semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Jika ada kritik, dan saran silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih

Sumber: In House Traning Bimbingan dan Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas SMP Negeri 2 Tarub tanggal 3 Januari 2013

No comments:

Post a Comment