Sunday, July 15, 2012

Tata Cara Pelaksanaan Apel Pada Masa Orientasi Siswa Baru


Halo... sobat blogger, setelah saya memposting artikel tentang Masa Orientasi Siswa Baru, tentunya tidak afdol jika tidak dilengkapi dengan tata cara apel yang dilakukan pada kegitan Masa Orientasi Siswa Baru. Mungkin bagi para Pembina Osis di sekolah, Apel bukan hal yang baru dan asing untuk itu postingan ini saya tujukan bagi sobat yang belum begitu paham tentang tata cara apel pada masa orientasi siswa baru. Bagi sobat yang sudah mahir dalam tata cara apel juga tidak dilarang membaca tulisan ini dan itung-itung sebagai penyegaran ingatan kita dan jika ada penjelan yang kurang pas saya juga menerima kritik dan saran dari sobat blogger hehehe...
Baiklah biar ga bertele-tele langsung saja kita pada pokok pembahasan. Yang pertama kita harus tahu apa sih sebenarnya yang di maksud apel (bukan apel buah hehehe,...). Menurut buku yang saya baca pada saat mengikuti Diklat Prajabatan, Apel adalah suatu kegitan berkumpul untuk mengetahui kehadiran dan kondisi personil dari suatu lembaga/instansi termasuk lembaga pendidikan yang dilaksanakan secara terus menerus. Apel biasanya di lakukan pagi hari (apel pagi) sebelum masuk kerja atau belajar, dan apel siang setelah selesai bekerja atau belajar, dan dilaksanakan di lapangan atau halaman secara tertib dan khikmat.

Tata Cara Apel.

a. Barisan biasanya berbanjar dipimpin satu ketua dan bertugas merapikan dan meluruskan serta menghitung anggotanya,(menurut ketentuan baris berbaris)

b. Setelah penerima apel berdiri ditengah berhadapan dengan barisan apel, penerima apel mengucapkan " Apel pagi/siang dimulai", maka pemimpin barisan yang paling kanan langsung memberi penghormatan kepada penerima apel dengan aba-aba "Kepada Penerima Apel" (disebutkan jabatannya) "Hormat... Grak" kemudian pemimpin apel bersama-sama anggotanya memberi penghormatan

c. Penerima apel membalas penghormatan, selanjutnya pemimpin barisan menyampaikan aba-aba "Tegak... Grak" dan seluruh peserta apel secara serempak menghentikan penghormatannya.

d. Pemimpin barisan menghadap penerima apel dengan jarak dua atau tiga langkah di depan penerima apel dan menyampaikan situasi apel dengan mengucapkan kata-kata: "lapor, apel pagi/siang sebutkan kelompok apa... jumlahnya ... kurang.... , Siap" setelah di terima penerima apel mengucapkan "Laporan diterima kembali ke tempat kerjakan" dan pemimpin barisan langsung balik kanan kembali ke samping barisan.

e. Penerima apel menyampaikan instruksi  atau pengumuman dengan terlebih dahulu mengistirahatkan barisan. dengan ucapan "Istirahat di tempat... grak" setelah selesai mengucapkan aba-aba "Siap...grak"

f. Terakhir peneima apel menyampaikan kata-kata "Apel pagi/siang selesai, barisan dapat dibubarkan, kerjakan" secara otomatis pemimpin barisan menyampaikan "kerjakan" dan memberi aba-aba penghormatan kepada penerima apel. selanjutnya penerima apel langsung balik kanan dan meninggalkan tempat apel.

Demikian sekilas tentang Tata Cara Pelaksanaan Apel Pada Masa Orientasi Siswa baru, semoga bermanfaat tidak lupa saya mohon kritik dan saran dari sobat blogger demi kemajuan blog ini terima kasih.

No comments:

Post a Comment