Sunday, July 29, 2012

Materi UKG Paedagogik 2012

Uji Kompetensi Guru sudah tiba waktunya, kapan seorang guru melaksanakan UKG pun sudah bisa kita ketahui pada kantor dinas pendidikan di wilayah masing-masing. Berbagai media mengulas tengtang pelaksanaan UKG dari sudut pandang yang berbeda pula, ada yang pro dengan UKG ada juga sebagian yang kontra atau menolak pelaksanaan bahkan ada yang ingin memboikot UKG. Dalam postingan kali ini saya tidak akan membahas tentang pro dan kontra UKG tetapi saya akan berbagi materi UKG khususnya materi yang berkaitan dangan UKG paedagogik tahun 2012 ini. Materi UKG yang akan saya share merupakan hasil dari penulis mempelajari kisi-kisi soal UKG Paedagogik yang selama ini beredar baik lewat media internet atau antar teman sejawat. Materi UKG Paedagogik ini sering dijadikan media untuk mencari uang yaitu dengan memblok file atau kalau mau mendownload harus mentransver sejumlah uang. Melihat kenyataan ini penulis merasa perlu berbagi Materi UKG Paedagogik agar sobat guru yang membutuhkan bisa langsung download tanpa harus membayar alias gratis.
Baiklah agar sobat guru tidak penasaran silahkan lihat:
1. - Materi UKG Paedagogik lengkap DOWNLOAD DI SINI
2. - Materi Panduan Penulisan Butir Soal DOWNLOAD DI SINI atau jika Sobat Guru ingin mencoba
3. - Tes Online KLIK DI SINI
Materi UKG tersebut sebagai referensi dalam menjawab soal-soal uji kompetensi guru (UKG) sehingga kita harus mempelajari dengan sungguh-sungguh. Semoga bermanfaat.

Thursday, July 26, 2012

Download Video Petunjuk Uji Kompetensi Guru Online Tahun 2012

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, serta Pencanangan guru sebagai Profesi oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 4 Desember 2004. Pemerintah mengupayakan agar Guru menjadi tenaga yang profesional dengan jalan melakukan pembinaan dan pengembangan guru berkelanjutan melalui Uji Kompetensi Guru. tujuan dari Uji kompetensi guru adalah untuk memetakan dan mendapatkan data awal yang lengkap mengenai aspek kompetensi yang dimiliki seorang guru. Melalui Uji Kompetensi Guru dapat diketahui aspek mana yang lemah selanjutnya hal ini menjadi prioritas pembinaan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkat kompetensi guru.

Uji Kompetensi Guru (UKG) rencananya akan dilakukan kepada seluruh guru baik yang sudah bersertifikasi maupun yang belum, namun tahap awal uji kompetensi ini baru akan dilakukan pada guru yang bersertifikasi baik guru swasta maupun Guru Pegawai Negeri Sipil.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru dilakukan secara Online, dimana setiap peserta akan langsung mengikuti uji kompetensi dari situs ukgkemdikbud.go.id sebagai penyelenggara tingkat Nasional. Soal dan jawaban sudah tersedia secara online bahkan hasil dari ujian seorang guru akan langsung dapat dilihat setelah guru tersebut telah menyelesaikan ujian secara online.

Bagiamana cara mengikuti Uji Kompetensi Guru secara online? dalam tanyangan berikut akan ditampilkan tata cara mengikuti uji kompetensi guru secara online. Video ini saya dapatkan dari hasil sosialisasi dari kepala sekolah tentang Uji kompetensi Guru tahun 2012 di LPMP Jateng. Untuk melihat silahkan Klik pada video di bawah ini. Semoga bermanfaat.


Sumber: Materi Sosialisasi Uji Kompetensi Guru Tahun 2012 LPMP Jawa Tengah

Tuesday, July 24, 2012

Teknik Dasar Judo


Judo merupakan salah satu bela diri yang terkenal di Jepang. Olahraga Judo asalnya digunakan oleh kaum militer jepang. Judo pada jaman itu disebut jutjitsu digunakan kaum militer dalam melawan rangka menghadapi pasukan samurai. 

Perlengkapan Judo
1. Ruang Latihan disebut Dojo. Dojo dilapisi dengan matras
2. Pakaian judo disebut judogi. Pakaian judo berwarna putih terdiri dari tiga bagian, yaitu baju (umagi),   celana (shita baki), dan sabuk (obi)

Teknik dasar Judo
Teknik dasar judo terdiri dari:
A. Penghormatan (Rei)
     Penghormatan (rei) dalam teknik judo dilakukan
1.  Pada sikap berdiri
     - Sikap tegak berdiri
     - Membungkukan badan
2.  Pada sikap duduk (zarei)
     - Berdiri Tegak
     - kaki kiri di mundurkan, lalu berlutut
     - kaki kanan diturunkan ke belakang, berlutut dengan kedua lutut dan jari-jari diluncurkan ke belakang
     - bungkukan badan ke depan, kedua tangan di matras.
3. Sikap berdiri biasa (shizentai)
     - Shizen-hontai : berdiri rileks, kedua kaki dibuka, ibu jari kaki keluar pandangan ke depan
     - Migi-shizentai : kaki kanan di depan kurang lebih 30 centimeter
     - Hindari-shizentai : kaki kiri di depan 30 centimeter
4. Bertahan Berdiri dengan kaki dibuka 60 cm, kedua lutut ditekuk
    - Jogu-ontai: berdri tegak, lutut ditekuk, panggul direndahkan, berat badan ke tengah
    - Migi-jigotai: kaki kanan dimasukan ke depan
    - Hindari-jigotai kaki kiri dimasukan ke depan
5. Pegangan (kumikata)
    Pada sikap shizentai atau jigotai tangan kiri memegang tangan kanan judogai lawan. tangan kanan memegang kerah. Kekuatan pada jari kelingking dan jari manis.
6. Sikap Langkah
    - Langkah biasa (ayumi-ashi) pada saat melangkah telapak kaki tidakbileh diangkat dari lantai. tetapi agak diseret.
   - Sambung langkah (tsugi-ashi) gerakan langkah ke depan, ke belakang, samping kiri, samping kanan (segala arah)
7. Gerak memutar (tai-sabaki), yaitu teknik gerak memutar badan

B. Menghilangkan keseimbangan (kuzushi)
    Khuzusi adalah cara menghilangkan keseimbangan tubuh lawan sehingga lawan lebih mudah dibanting. Teknik khuszuki di bagi menjadi:
1. Tsukuri atau sikap melempar yang baik yaitu penempatan posisi badan kita dengan badan lawan
2. Ukemi-waza atau teknik jatuh yaitu teknik menjatuhkan badan kebelakang dengan menarik lawan
3. Nage waza yatiu teknik melempar lawan
4. Katame waza yaitu teknik bergumul dengan lawan
5. Atemi waza yaitu teknik menyerang kelemahan lawan
Demikian sekilas Teknik dasar Judo yang bisa saya share semoga bermanfaat

Saturday, July 21, 2012

Cara Melakukan Olahraga Saat Puasa

Olahraga merupakan kebutuhan hidup, karena dengan olahraga badan kita akan selalu terjaga kesehatannya sehingga kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun pada bulan Puasa (Ramadhan) kita tidak melakukan aktifitas makan dan minum disiang hari karena saat puasa kita dilarang makan dan minum dari saat Imsyak sampai maghrib, Apakah kita perlu olahraga pada saat puasa? Ya tentu dong, walaupun kita berpuasa tetapi kita dianjurkan melalukan olahraga rutin agar kebugaran dan kesehatan badan kita selalu terjaga dengan baik.

Olahraga yang dapat dilakukan saat puasa adalah olahraga yang intensitasnya ringan sampai sedang tergantung dari kondisi seseorang, jika kita atlit maka olahraga yang dilakukan saat puasa adalah untuk menjaga prestasi agar tidak melorot tentunya dengan latihan yang lebih ringan dari biasanya, unsur teknik dan srategi lebih dikedepankan dari pada latihan fisik. Bagi kita melakukan olahraga saat puasa dengan tujuan menjaga kebugaran tubuh, untuk itu olahraga yang dilakukan yang ringan namun tetap bisa keluar keringat dan membakar kalori tubuh. Olahraga yang dapat dilakukan saat puasa misalnya jalan cepat, jogging, bersepeda dan tread mill, namun jika kondisi tubuh kita dalam kondisi kurang fit, kita dapat melakukan yoga dan jalan santai.

Jumlah latihan olahraga saat puasa adalah 2 sampai 3 kali latihan dalam satu minggu. Waktu yang pas untuk melakukan olahraga saat puasa adalah 1 - 2  jam sebelum berbuka atau setelah Sholat Asyar, dan 2 - 3 jam setelah makan sahur. karena saat itu kondisi badan kita lebih siap untuk melakukan aktifitas olahraga ringan. Lamanya olahraga pada saat puasa juga lebih pendek dari olahraga biasa.

Hal yang perlu diperhatikan pada saat puasa adalah Menu makanan atau asupan gizi. pada saat puasa kita perlu makanan yang mengandung gisi seimbang namun sesuai dengan konsisi tubuh yang berpuasa. menurut Dionisius Henry seorang konsultan latihan fisik, bahwa melakukan olahraga pada saat puasa diperlukan makanan yang  mengandung zat yang diperlukan tubuh dan cepat diserap oleh tubuh seperti. nasi merah, roti, out meal, sayur mayur dan buah-buahan. hindari makanan yang mengandung lemak dan Asam tinggi dan pada saat berbuka makanlah makanan yang manis seperti kurma, teh manis agar tubuh kita tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya, Jadi sekarang kita tidak usah kuatir untuk melakukan olahraga saat berpuasa semoga tulisan ini bermanfaat.

Wednesday, July 18, 2012

Kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Awal Guru Penjasorkes Terbaru


Selamat Bagi sobat Guru yang akan mengikuti program sertifikat Guru Tahun ini, salah satu syarat untuk mengikuti PLPG seorang guru harus mengikuti Uji Kompetensi Awal yang diselenggarakan oleh Pemeerintah melalui Dinas Pendidikan di Kabupaaten/kota masing-masing. Materi yang di ujikan sesuai dengan Mapel yang diampu oleh seorang guru. 

Bagi yang peserta lulus Uji kompetensi awal selanjutnya mengikuti PLPG di Universitas yang telah ditetapkan, disana peserta di bekali materi-materi yang berkaitan dengan paedagogik, profesi dan materi lain yang mendukung peningkatan kualitas kinerja guru, diakhir diklat para peserta kembali di uji lagi dan bagi yang lulus PLPG mereka diberi sertifikat namun bagi yang belum lulus diberi kesempatan mengikuti ujian susulan. Guru yang sudah mendapatkan sertifikat pendidik kepadanya diberikan tunjangan sertifikasi sesuai dengan aturan pemerintah yaitu tunjangan sertifikasi sebesar gaji pokok yang di bayarkan tri wulan sekali.

Sobat blogger dan guru penjasorkes, yang akan mengikuti Uji Kompetensi Awal Guru tahun ini tidak usah kuatir karena Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan telah merilis Kisi-kisi Soal Uji Awal Guru yang terbaru melalui situs resminya di web sergurkemdiknas.go.id disitus tersebut  kisi-kisi soal uji awal kompetensi guru untuk semua mata pelajaran dan semua tingkatan jenjang pendidikan telah di sediakan. Kita tinggal download dan mempelajarinya sebagai sumber referensi dalam mengikuti uji kompetensi guru yang dimaksud.

Buat sobat blogger yang mengampu mata pelajaran penjasorkes kali ini saya posting kisi-kisi soal uji kompetensi awal penjasorkes yang terbaru. Mengapa terbaru karena sebelumnya kementerian pendidikan juga telah merilis tapi kali ini benar-benar lebih lengkap dan terperinci sehingga memudahkan kita dalam mempelajarinya. kisi-kisi tersebut sudah ada penomoran yang lengkap untuk setiap materi yang diujikan. 
okey untuk kisi-kisi soal uji kompetensi guru penjasorkes bisa di download di situs aslinya  www.sergurkemdiknas.go.id atau agar lebih praktis silahkan download DI SINI

Semoga postingan ini bisa bermanfaat dalam mengikuti Uji Kompetensi Awal Guru. Komentar dan kritik saran saya nantikan untuk evaluasi pada postinga berikutnya . Terim kasih

Monday, July 16, 2012

Blog Media Alternatif Pembelajaran Di Sekolah


Selamat berjumpa lagi sobat blogger yang setia berkunjung di blog ini. kali ini saya ingin berbagi pengalaman dengan sobat bloger khususnya sobat yang berprofesi sebagai pendidik atau guru namun bagi sobat yang lain juga dapat menerapkan manfaat blog untuk bidang lain. Saya mulai mengenal blog sekitar tahun 2009 pada saat itu teman saya lagi mengakses/browsing Internet mengenai harga kamera digital. Pada pandangan pertama tersebut... hehehe (cinta kali yah) saya langsung jatuh hati dan kepengin membuat blog namum saya belum bisa mengoperasikan komputer, dan membuat blog. Hal ini saya lakukan dengan alasan bahwa blog merupakan media komunikasi yang sangat efisisen karena pembuatan blog bisa secara gratis dan blog bisa menjangkau ke seluruh jagat internet tanpa mengenal ruang dan waktu. Lewat media internet kita bisa belajar mandiri atau otodidak, beda dengan belajar klasikal, kita bisa belajar melalui website maupun blog.
Perkembangan Internet terutama blog  sangat pesat hal ini bisa di lihat dari catatan  situs technorari yang mengatakan bahwa setiap 5,8 detik lahir blog baru atau sekitar 8.000 sampai 17.000 lahir blog baru di jagat   internet, hal ini juga berbanding lurus dengan pengguna internet atau blog. Dari kenyataan ini saya berfikir kenapa perkembangan teknologi yang baik ini tidak dimanfaatkan dalam bidang profesi kita? sebagai jawabannya saya lebih rajin belajar komputer sekalian belajar internet, berkat usaha yang keras Alhamdulillah akhirnya saya memiliki blog yang saya gunakan sebagai media alternatif pembelajaaran di sekolah. Selanjutnya pertanyaan yang timbul  adalah bagaimana blog dapat digunakan sebagia media pembelajaran?
Mari kita belajar lagi khususnya dalam membuat blog pembelajaran, yang pertama kita harus punya blog bagi yang belum punya jangan khawatir karena mudah dan sangat cepat kalo mau membuat blog. Setelah kita punya blog isikan blog dengan konten-konten yang berisi materi ajar yang sobat ampu di sekolah. Saya sendiri sebagai guru penjasorkes membuat blog yang berisi konten-konten seputar materi penjasorkes, dari mulai silabus, program tahunan, program semester, maupun materi ajar yang bersifat praktis contohnya teknik dasar olahraga, dan video teknik dasar olahraga. Bisa juga diselingi tentang berita maupun artikel yang berhubungan dengan materi pembelajaran.
Jika blog pembelajaran kita anggap sudah cukup dengan konten materi ajar, langkah selanjutnya adalah mengenalkan blog pembelajaran tersebut kepada anak didik kita bila perlu mereka kita suruh mencatat alamat URL Blog kita agar mereka tidak lupa. Langkah selanjutnya pada saat kita mengajar kita beri tugas siswa kita untuk memperdalam materi yang kita ajarkan lewat browsing internet tentunya dengan alamat web atau Blog tersebut. Mudah bukan?
Apa sich manfaat dengan mengajar menggunakan Blog sebagai alternatif pembelajaran di sekolah? di bawah ini manfaat yang sudah saya dapatkan dari menerapakan pembelajaran dengan media Blog antara lain:
- Proses belajar mengajar lebih menyenangkan dan efektif karena melalui Blog siswa dapat belajar di luar kelas artinya belajar tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
- Manfaat bagi guru adalah materi ajar lebih banyak dan variatif karena kalau menggunakan tatap muka di kelas waktu sangat terbatas dan mungkin membosankan bagi siswa. selain itu kita dapat mengembangkan tulisan dan budaya menulis dan yang tidak kalah menarik lagi kita juga dapat memanfaatkan blog pembelajaran yang kita buat untuk menghasilkan uang tambahan seperti yang saya lakukan... Asyik bukan? dan menurut kabar tulisan artkel yang kita upload di blog nantinya bisa dijadikan nilai point untuk angka kredit dalam pengajuan Penilaian Angka Kredit (PAK) bagi guru yang akan naik pangkat. Inilah secuil pengalaman yang saya bagikan kepada sobat bloger mudah-mudahan bermanfaat. Saya menyadari tulisan ini jauh dari sempurna untuk itu Kritik, saran, dan komentar selalu saya harapkan dari sobat bloger demi perbaikan mutu blog pembelajaaran ini, saya hanyalah manusia biasa berusah belajar dan berbagi. Terima kasih

Sunday, July 15, 2012

Tata Cara Pelaksanaan Apel Pada Masa Orientasi Siswa Baru


Halo... sobat blogger, setelah saya memposting artikel tentang Masa Orientasi Siswa Baru, tentunya tidak afdol jika tidak dilengkapi dengan tata cara apel yang dilakukan pada kegitan Masa Orientasi Siswa Baru. Mungkin bagi para Pembina Osis di sekolah, Apel bukan hal yang baru dan asing untuk itu postingan ini saya tujukan bagi sobat yang belum begitu paham tentang tata cara apel pada masa orientasi siswa baru. Bagi sobat yang sudah mahir dalam tata cara apel juga tidak dilarang membaca tulisan ini dan itung-itung sebagai penyegaran ingatan kita dan jika ada penjelan yang kurang pas saya juga menerima kritik dan saran dari sobat blogger hehehe...
Baiklah biar ga bertele-tele langsung saja kita pada pokok pembahasan. Yang pertama kita harus tahu apa sih sebenarnya yang di maksud apel (bukan apel buah hehehe,...). Menurut buku yang saya baca pada saat mengikuti Diklat Prajabatan, Apel adalah suatu kegitan berkumpul untuk mengetahui kehadiran dan kondisi personil dari suatu lembaga/instansi termasuk lembaga pendidikan yang dilaksanakan secara terus menerus. Apel biasanya di lakukan pagi hari (apel pagi) sebelum masuk kerja atau belajar, dan apel siang setelah selesai bekerja atau belajar, dan dilaksanakan di lapangan atau halaman secara tertib dan khikmat.

Tata Cara Apel.

a. Barisan biasanya berbanjar dipimpin satu ketua dan bertugas merapikan dan meluruskan serta menghitung anggotanya,(menurut ketentuan baris berbaris)

b. Setelah penerima apel berdiri ditengah berhadapan dengan barisan apel, penerima apel mengucapkan " Apel pagi/siang dimulai", maka pemimpin barisan yang paling kanan langsung memberi penghormatan kepada penerima apel dengan aba-aba "Kepada Penerima Apel" (disebutkan jabatannya) "Hormat... Grak" kemudian pemimpin apel bersama-sama anggotanya memberi penghormatan

c. Penerima apel membalas penghormatan, selanjutnya pemimpin barisan menyampaikan aba-aba "Tegak... Grak" dan seluruh peserta apel secara serempak menghentikan penghormatannya.

d. Pemimpin barisan menghadap penerima apel dengan jarak dua atau tiga langkah di depan penerima apel dan menyampaikan situasi apel dengan mengucapkan kata-kata: "lapor, apel pagi/siang sebutkan kelompok apa... jumlahnya ... kurang.... , Siap" setelah di terima penerima apel mengucapkan "Laporan diterima kembali ke tempat kerjakan" dan pemimpin barisan langsung balik kanan kembali ke samping barisan.

e. Penerima apel menyampaikan instruksi  atau pengumuman dengan terlebih dahulu mengistirahatkan barisan. dengan ucapan "Istirahat di tempat... grak" setelah selesai mengucapkan aba-aba "Siap...grak"

f. Terakhir peneima apel menyampaikan kata-kata "Apel pagi/siang selesai, barisan dapat dibubarkan, kerjakan" secara otomatis pemimpin barisan menyampaikan "kerjakan" dan memberi aba-aba penghormatan kepada penerima apel. selanjutnya penerima apel langsung balik kanan dan meninggalkan tempat apel.

Demikian sekilas tentang Tata Cara Pelaksanaan Apel Pada Masa Orientasi Siswa baru, semoga bermanfaat tidak lupa saya mohon kritik dan saran dari sobat blogger demi kemajuan blog ini terima kasih.

Tata Cara Pelaksanaan Apel Pada Masa Orientasi Siswa Baru


Halo... sobat blogger, setelah saya memposting artikel tentang Masa Orientasi Siswa Baru, tentunya tidak afdol jika tidak dilengkapi dengan tata cara apel yang dilakukan pada kegitan Masa Orientasi Siswa Baru. Mungkin bagi para Pembina Osis di sekolah, Apel bukan hal yang baru dan asing untuk itu postingan ini saya tujukan bagi sobat yang belum begitu paham tentang tata cara apel pada masa orientasi siswa baru. Bagi sobat yang sudah mahir dalam tata cara apel juga tidak dilarang membaca tulisan ini dan itung-itung sebagai penyegaran ingatan kita dan jika ada penjelan yang kurang pas saya juga menerima kritik dan saran dari sobat blogger hehehe...
Baiklah biar ga bertele-tele langsung saja kita pada pokok pembahasan. Yang pertama kita harus tahu apa sih sebenarnya yang di maksud apel (bukan apel buah hehehe,...). Menurut buku yang saya baca pada saat mengikuti Diklat Prajabatan, Apel adalah suatu kegitan berkumpul untuk mengetahui kehadiran dan kondisi personil dari suatu lembaga/instansi termasuk lembaga pendidikan yang dilaksanakan secara terus menerus. Apel biasanya di lakukan pagi hari (apel pagi) sebelum masuk kerja atau belajar, dan apel siang setelah selesai bekerja atau belajar, dan dilaksanakan di lapangan atau halaman secara tertib dan khikmat.

Tata Cara Apel.

a. Barisan biasanya berbanjar dipimpin satu ketua dan bertugas merapikan dan meluruskan serta menghitung anggotanya,(menurut ketentuan baris berbaris)

b. Setelah penerima apel berdiri ditengah berhadapan dengan barisan apel, penerima apel mengucapkan " Apel pagi/siang dimulai", maka pemimpin barisan yang paling kanan langsung memberi penghormatan kepada penerima apel dengan aba-aba "Kepada Penerima Apel" (disebutkan jabatannya) "Hormat... Grak" kemudian pemimpin apel bersama-sama anggotanya memberi penghormatan

c. Penerima apel membalas penghormatan, selanjutnya pemimpin barisan menyampaikan aba-aba "Tegak... Grak" dan seluruh peserta apel secara serempak menghentikan penghormatannya.

d. Pemimpin barisan menghadap penerima apel dengan jarak dua atau tiga langkah di depan penerima apel dan menyampaikan situasi apel dengan mengucapkan kata-kata: "lapor, apel pagi/siang sebutkan kelompok apa... jumlahnya ... kurang.... , Siap" setelah di terima penerima apel mengucapkan "Laporan diterima kembali ke tempat kerjakan" dan pemimpin barisan langsung balik kanan kembali ke samping barisan.

e. Penerima apel menyampaikan instruksi  atau pengumuman dengan terlebih dahulu mengistirahatkan barisan. dengan ucapan "Istirahat di tempat... grak" setelah selesai mengucapkan aba-aba "Siap...grak"

f. Terakhir peneima apel menyampaikan kata-kata "Apel pagi/siang selesai, barisan dapat dibubarkan, kerjakan" secara otomatis pemimpin barisan menyampaikan "kerjakan" dan memberi aba-aba penghormatan kepada penerima apel. selanjutnya penerima apel langsung balik kanan dan meninggalkan tempat apel.

Demikian sekilas tentang Tata Cara Pelaksanaan Apel Pada Masa Orientasi Siswa baru, semoga bermanfaat tidak lupa saya mohon kritik dan saran dari sobat blogger demi kemajuan blog ini terima kasih.

Friday, July 13, 2012

MASA ORIENTASI SISWA BARU TAHUN 2012

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) telah usai, sekarang waktunya melanjutkan kegiatan daftar ulang bagi yang sudah diterima di sekolah yang diinginkan. Saya ucapkan Selamat atas keberhasilan kalian karena mulai sekarang kalian akan mengalami suasana belajar yang baru dengan sekolah yang baru tentunya.
Sudah menjadi kemakluman bahwa setiap tahun ajaran baru siswa baru akan melalui tahapan seperti tersebut di atas dan yang tidak terlupakan tentunya kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS). disetiap lembaga  Pendidikan Dasar dan Menengah Pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru merupakan hal yang sangat baik dan bermanfaat, Masa Orientasi Siswa di lakukan dengan tujuan agar siswa baru mengetahui gambaran yang akan dialami selama belajar di sekolah tersebut. 

Kegiatan Masa Orientasi siswa mempunyai landasan atau dasar hukum yaitu:
1. Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 0641/U/1984, tentang Pembinaan Kesiswaan
2. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/ Kep/1992 tentang  Pedoman Pembinaan Kesiswaan.
Masa Oreintasi Siswa (MOS) sangat penting dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Masa Orientasi Siswa merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam Pembinaan Kesiswaan yang bertujuan mengantarkan siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru, teman baru, guru baru, budaya belajar yang baru, tata tertib sekolah dan lain sebagainya. Kegiatan Masa Orientasi Siswa diarapkan dapat membantu siswa dalam mengenal lingkungan sekolah yang baru dengan lebih cepat sehingga proses belajar mengajar lebih berhasil karena siswa memiliki gambaran yang jelas tentang hal-hal yang akan dialami.

Materi kegiatan Masa Orientasi Siswa:
1. Budi Pekerti dan Tata Krama
2. Kedisiplinan dan Tata Tertib Sekolah.
3. Wawasan Wiyata Mandala.
4. Bahaya Penggunaan Narkoba dan Zat Adiktif.
5. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
6. Tata Laksana Upacara Bendera dan Peraturan Baris Berbaris (PBB).
7. Kepramukaan.
8. Outbound (Character building).
9. Materi lain yang berhubungan dengan muatan lokal di sekolah dan daerah masing-masing.

Hal-hal yang harus dihindari dan waspadai pada saat pelaksanaan Masa Orientasi Siswa Baru.
Pembina dan Panitia Masa Orientasi Siswa dilarang melakukan tindakan kekerasa atau perpeloncoan baik secara fisik maupun perploncoan secara psikis. Contoh perpeloncoan secara fisik yaitu tindakan dan pemberian hukuman yang mengarah pada penganiayaan fisik, sedangkan perpeloncoan psikis yaitu tindakan atau perintah yang dapat mempermalukan atau mempersulit peserta Masa Orientasi Siswa seperti peserta MOS harus mengenakan atribut tertentu, membawa benda-benda tertentu, atau mencari "hal" yang sulit dan tidak mendidik.

Demikian sekilas tentang kegiatan Masa Orientasi Siswa baru agar kita sebagi peserta dan orang tua siswa memahami dan terpenting bagi para Pembina maupun Panitia Masa Orientasi Siswa dapat saling menjaga dan menerapkan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga tujuan dari kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan pada gilirannya dunia pendidikan di negara ini akan semakin berkualitas. Amin

Kritik dan saran sangat penulis harapkan dari pembaca agar dapat meningkatkn mutu tulisan dikemudian hari, dan jika berkenan memberikan klik untuk perbaikan blog ini. Terima kasih

Wednesday, July 11, 2012

KESEGARAN JASMANI

Pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang "Kesegaran Jasmani" tentunya kita sering mendengar Kesegaran jasmani atau disebut juga kebugaran tubuh, tetapi apa sih yang dimaksud kesegaran jasmani atau kebugaran tubuh? Apa saja persyaratan seseorang dikatakan mempunyai kesegaran jasmani atau kebugaran tubuh yang baik? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut mari ikuti pelajari penjelasan berikut:
1. Pengertian Kesegaran Jasmani
    Kesegaran Jasmani diartikan sebagai kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa melakukan kelelahan yang berlebihan, serta masih memiliki cadangan tenaga untuk mengisi waktu luang melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mendadak. Sebagai contoh seorang pelajar melakukan kegiatan belajar di sekolah dari mulai masuk kelas, mengikuti pembelajaran, dan sampai jam pelajaran selesai tanpa mengalami kelelahan yang sangat. Setelah pulang dari sekolahpun masih bisa melakukan aktifitas lainnya seperti membantu orang tua atau belajar tambahan diluar sekolah. Jadi apabila kita melakukan aktifitas sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan bahkan masih mempunyai tenaga cadangan maka dapat disimpulkan kita termasuk mempunyai kesegaran jasmani atau kebugaran tubuh yang baik pula.
2. Komponen Kesegaran Jasmani
    Apa sajakah komponen atau unsur-unsur dari kesegaran jasmani, dilihat dari komponen yang membentuk kesegaran jamnai seseorang dibagi menjadi dua bagian, yaitu yang berkaitan dengan kesehatan (healt related fitness) dan komponen yang berkaitan dengan ketrampilan (skill related fitness). Komponen yang berkaitan dengan kesehatan terdiri dari daya tahan jantung dan paru-paru, komposisi tubuh, fleksibilitas, kekuatan dan daya tahan otot (muscular).
Sedangkan komponen kesegaran jasmanii yang berhubungan dengan keterampilan, meliputi: daya ledak, kecepatan, kelincahan, koordinasi gerak, kecepatan reaksi dan keseimbangan.
untuk menjalankan aktifitas sehari-hari misalnya pelajar dan anggota masyarakat yang bersosialisi, minimal memiliki komponen kesegaran jasmani yang berhubungan dengan kesehatan, sedangkan komponen kesegaran jasmani yang berhubungan dengan keterampilan lebih dibutuhkan oleh orang yang menjaga prestasi contohnya para atlit dan penari.
Baiklah kita lanjutkan pembahasan yang berkaitan dengan komponen kesegaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan:
a. Daya Tahan Jantung
    Daya tahan jantung dan paru-paru di kenal dengan istilah daya tahan kardiovaskuler dan daya tahan kardiorespirasi atau kapasitas aerobik, artinya daya tahan jantung/paru-paru adalah kemampuan jantung, paru-paru, dan peredaran darah untuk melakukan tugas-tugas fisik yang berat dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan setelah menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jika daya tahan jantung, dan paru-paru sseseorang lemah maka orang tersebut akan mudah lelah dan sulit pulih setelah melakukan pekerjaan berat.
b. Komposisi Tubuh
    Yang dimaksud komposisi tubuh adalah perbandingan yang proporsional antara tinggi badan dengan berat badan seseorang dan termasuk jumlah cairan tubuh, lemak, protein yang terkandung dalam tubuh seseorang. semakin proporsional perbandingan tinggi dan berat badan seseorang dimungkinkan memiliki kesegaran jasmani yang baik pula.
c. Fleksibilitas
    Fleksibilitas diartikan sebagai kemampuan ruang gerak sendi dan elastisitas otot-otot tendon dan ligamen. Lebih jelasnya bahwa semakin luas ruang gerak sendi dan lentur otot-otot gerak seseorang dapat dikatakan fleksibilitasnya semakin bagus. demikian juga sebaliknya jika ruang gerak dan luas gerak sendi sempit maka pertanda bahwa fleksibilas sendinya jelek.
d. Kekuatan Otot
    Otot merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menggerakan anggota tubuh, sebagai daya penggerak aktivitas fisik diperlikan otot yang kuat, kekuatan otot juga dapat melindungi seseorang dari kemungkinan cidera saat melakukan aktifitas gerak sehari-hari. Kekuatan otot dapat diartikan kemampuan otot atau sekelompok otot dalam melakukan kerja seperti menggerakan anggota tubuh saat berlari, berjalan dan mengangkat. Kekuatan otot ini dipengaruhi oleh faktor latihan yang teratur dan terencana secara sistematis. Sedangkan Daya tahan otot dapat diartikan kemampuan otot atau sekumpulan otot dalam melakukan kontraksi otot atau kerja otot yang berturut-turut atau melakukan kontraksi otot statis dalam waktu lama. misalnya atlit yang melakukan push-up, dan atlit angkat besi.
Demikian penjelasan yang berkaitan dengan Kesegaran Jasmani atau kebugaran jasmani, semoga bisa dipahami. Kritik dan saran selalu saya nantikan untuk perbaikan tulisan dimasa datang . Terima kasih dan Salam dari Penulis semoga bermanfaat.

Tuesday, July 3, 2012

TEKNIK LARI JARAK PENDEK

Setelah  libur sekolah, kini saatnya kita belajar Penjasorkes kembali. Pada pertemuan kali ini akan kita bahas mengenai Lari jarak pendek (sprint), Seperti yang telah kita pelajari di pertemuan sebelumnya bahwa Lari merupakan salah satu nomor dari cabang atletik. Ada bermacam-macam nomor lari yang dipertandingkan yaitu:
a. Lari jarak pendek (sprint) yaituu menempuh jarak 100 meter, 200 meter, dan 400 meter
b. Lari jarak menengah (midle distance) menempuh jarak 800 meter, 1.500 meter, dan 3000 meter
c. Lari jarak jauh (long distance) menempuh jarak 5000 meter, 10000 meter, dan marathon (42.195 km)
Baik sekarang kita lanjutkan pembahasan mengenai Teknik lari jarak pendek. Lari jarak pendek sering disebut lari cepat (sprint). Pelari jarak pendek disebut sprinter dan start yang dibunakan untuk memulai lari jarak pendek adalah start jongkok.
Dalam melakukan lari jarak pendek ada cara-cara yang harus diperhatikan, antara lain:
- Kemiringan tubuh kurang dari 60 derajat.
- Berat badan terpusat pada pinggang
- Semua otot badan rileks.
- Pandangan ke depan
- Kaki digerakan cepat, lutut di angkat tinggi
- Tangan dengan siku dibengkokan, ayunan dari belakan ke depan untuk mengimbangi gerakan kaki
Untuk memperoleh kecepatan yang maksimal seorang pelari harus memperhatikan faktor-faktor penentu yaitu:
a. Start yang tepat dan cermat karena start yang bener dan tepat dapat menentukan kemenangan pelari
b. Gerakan awal/meluncur sejak start sampai 15-20 meter pertama
c. Gerakan lari, selama lari gerakan harus cepat, langkah lebar dengan kecepatan penuh badan sedikit condong ke depan, gerakan tangan mengimbangi gerakan kaki.
d. Gerakan masuk finish yaitu gerakan yang dilakukan sebelum memasuki garis finish dengan cara
   - Lari harus tetap cepat tanpa merubah langkah
   - Mencondongkan badan ke depan.
   - Setelah melewati garis finis melakukan gerakan lari lanjutan semakin lama lambat hingga berhenti.