Monday, March 25, 2013
Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Tahun 2013
Teknologi Informasi dewasa ini mengalami perubahan dan perkembangan yang sangat pesat. Semua bidang memanfaatkann TIK untuk mendukung kemudahan dalam penyelesaian pekerjaan. Untuk dapat menggunakan TIK dalam kehidupan sehari-hari menuntut pengembangan kualitas sumber daya manusia agar dapat mengoperasikan teknologi yang canggih tersebut.
Pemerintah melalui kebijak nasional dalam bidang TIK telah melakukan terobosan yang tertuang dalam Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2009 - 2014 yang memposisikan TIK sebagai pendukung terselenggaranya layanan prima pendidikan nasional untuk membentuk insan Indonesia yang cerdas komprehensi. Pemerintah Propinsi Jawa Tengah melalui BPTIKP Jawa Tengah menjawab tantangan tersebut dengan menyelenggarakan bintek pemanfaatan TIK untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar tahun 2013 yang dilaksanakan dari tanggal 18 - 20 Maret 2013 bertempat di Gedung Monumen PKK Ungaran Kabupaten Semarang.
Materi bintek pemamfaatan TIK untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar terdiri dari:
1. Tantangan guru di era global
2. Desain pembelajaran berbasis TIK
3. Desain komunikasi visual dalam penyusunan media pembelajaran
4. Aplikasi VBA dalam penyusunan media pembelajaran
Dalam bintek pemanfaatan TIK untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar ini semua peserta yang terdiri dari guru jenjang sekolah dasar (SD) dan guru SMP dibekali ilmu cara membuat media pembelajaran interaktif menggunakan power point berbasis macros dan VBA. Hasil yang diharpkan dari bintek ini adalah semua guru di Jawa Tengah dapat membuat media pembelajaran interaktif dan diaplikasikan dalam tugasnya, sehingga pelaksanaan kurikulum 2013 dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan.
Demikian sekilas tentang pemanfaatan TIK untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar tahun 2013 yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.
sumber : Bintek pemanfaatan TIK untu pembelajaran oleh BPTIKP Jawa Tengah
Labels:
Artikel Guru
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment