Friday, June 7, 2013

Senam Yoga Dan Manfaatnya


Yoga berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti"Penyatuan", yang bermakna penyatuan dengan alam atau penyatuan dengan Sang Pencipta. Mayarakat umumnya mengenal yoga sebagai aktivitas latihan, inilah yang di sebut Hatta Yoga atau Power Yoga. 
Hatta Yoga sering juga di sebut sebagai Senam Yoga karena pada bagian yoga ini menitik beratkan pada unsur gerak yang dinamis, yang mengandung unsur Power, Strenght, Flexibility,Coordination, Consentration dan Breating. Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya dilakukan dengan latihan pernafasan, olah tubuh, dan meditasi, yang telah dikenal dan dipraktekan selama lebih dari 5000 tahun.

Oke sesuai dengan judul di atas saya hanya akan mengupas Yoga dari sisi gerak dinamis yang ada pada hatta yoga yaitu Senam Yoga.
Senam Yoga/Hatta Yoga atau bisa disebut Power Yoga berisikan rangkaian gerakan dinamis seperti senam pada umumnya yang mengandung unsur Flexibility, Strenght, Coordination, Consentrasi, Power dan Breating. Gerakan basic dalam Senam Yoga dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu:
1. Posisi dan gerak kaki
2. Posisi dan gerak tangan
3. Posisi dan gerak tubuh

Masing-masing posisi dan gerakan di atas mempunyai fungsi dan manfaat bagi kebugaran, kelenturan dan kekuatan, serta kesehatan bagi tubuh. untuk lebih jelasnya lihat gambar Enam sesi latihan gerakan senam yoga di samping ini
Bila gerakan Senam Yoga dilakukan secara rutin da terus menerus, maka akan banyak manfaat yang diperoleh yaitu:
1. Tenaga atau energy dari tubuh kita akan meningkat
2. Kekuatan otot dan tulang akan bertambah
3. Kelenturan otot tubuh kita akan semakin lentur
4. Koordinasi gerak akan sempurna
5. Konsentrasi/fokus pada pikiran dan gerak tubuh akan semakin bagus.
6. Pernafasan semakin stabil dan panjang.
Secara Rinci manfaat lain dari Senam Yoga adalah meningkatkan fungsi kelenjar endokrin (hormonal) di dalam tubuh. Memperbaiki sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan membaa oksigen ke otak, meningkatkan kerja jantung dan otak. meningkatkan kapasitas paru-paru (VO2max), memurnikan dan menguatkan syaraf pusat di tulang punggung, mengurangi ketegangan tubuh pikiran dan mental serta membuat lebih kuat saat menghadapi stress.
Senam Yoga juga bermanfaat memberikan kesempatan tubuh untuk relaksasi yang mendalam, mengatasi insomnia, serta dengan Senam Yoga otot dan tuang tubuh kita semakin kuat guna melakukan gerakan atau posisi tubuh yang di inginkan.

Inilah sekilas Senam Yoga atau Hatta yang bisa saya share, mudah-mudahan bermanfaat. Perlu saya sampaikan bahwa tulisan ini adalah hasil dari pelatihan Senam Yoga atau Hatta Yoga dengan instruktur Bpk. Agus Masroni, S.Pd. Bagi yang berminat mengikuti private yoga dapat menghubungi Bpk. Agus Masroni  nomor HP. 08159746279.

No comments:

Post a Comment