Friday, May 19, 2023

Teknik Dasar Lari Estafet atau Lari Sambung

Teknik Dasar Lari Estafet atau Lari Sambung

Lari Estafet

Lari Estafet atau larii sambung merupakan nomor lari dalam cabang olahraga atletik. Lari Estafet/lari sambung adalah lari jarak pendek yang dilaksanakan secara beregu, pelari bergantian membawa tongkat estafet dari pelari pertama sampai pelari ke empat dari garis start sampai garis finish. Lari estafet lari beregu yang terdiri dari empat pelari maka diperlukan kerja sama yang baik terutama dalam pembeerian dan penerimaan tongkat. selain itu strategi penenmpatan pelari dan teknik lari sambung juga mempengaruhi kecepatan.

Teknik Memegang Tongkat 

Memegang tongkat dengan pangkal ibu jari, jari kelingking, dan jari manis sehingga ketika start, ibu jari dan telunjuk menjadi tumpuan berat.

memegang tongkat dengan pangkal ibu jari dan jari tengah, hingga ketika start ibu jari dan telunjuk menjadi tumpuan berat badan di atas garis start

Teknik memegang tongkat ketika akan memberikan tongkat

teknik ini adalah tongkat dipegang agak ke ujung belakang untuk pelari pertama, teknik ini harus dimulai ketika start

Teknik Menerima Tongkat

Teknik menerima tongkat terdiri dari dua yaitu:

a. Cara visual

 Cara visual adalah cara menerima tongkat dengan melihat ke pemberi atau menengok ke belakang

Tangan yang menerima diluruskan ke belakang dengan telapak tangan menghadap ke atas, keempat jari rapat, dan ibu jari terbuka. 
 
Tangan yang menerima tongkat diayunkan ke belakang dengan sikap telapak tangan menghadap ke belakang dan keempat jari terbuka ke arah dalam.
 
Tangan yang menerima tongkat dijulurkan ke belakang serong bawah dengan telapak tangan menghadap belakang serong atas dan keempat jari rapat menuju luar. Sementara itu, ibu jari terbuka menuju dalam.
 
b. Cara nonvisual 
 
Cara nonvisual adalah teknik menerima tongkat dengan cara tidak menoleh ke belakang ketika tongkat berpindah tangan. Cara melakukannya sebagai berikut.
 
Tangan yang menerima tongkat diayun ke belakang atas, telapak tangan menghadap atas, keempat jari rapat, dan ibu jari terbuka.
 
Tangan yang menerima tongkat diayun ke belakang dengan telapak tangan menghadap ke bawah, keempat jari rapat, dan ibu jari terbuka.
 
Tangan yang menerima tongkat dijulurkan ke belakang pinggul, dengan telapak tangan menghadap dalam dan jari-jari agak ditekuk, sedangkan ibu jari dibuka.
 
 
Teknik Pergantian Tongkat
 
Teknik pergantian tongkat dibedakan menjadi tiga 
a. Teknik pergantian luar
b. Teknik pergantian dalam
c. Teknik pergantian campuran
 

 Demikian Teknik  Dasar Lari Estafet atau Lari Sambung yang admin share, semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment