Monday, February 11, 2019

Peraturan Permaianan Bola Basket Mini

Peraturan Permaianan Bola Basket Mini
Assalamualaikum....
Selamat Pagi sobat Blog Guru Penjasorkes, Alkhamdulillah dipagi yang hangat ini saya akan share Peraturan Permainan Bola Basket Mini sesuai dengan Peraturan Resmi FIBA yang berlaku untuk semua situasi dalam pertandingan, meskipun tidak secara khusus disebutkan dalam peraturan permainan 3x3 berikut ini:

Peraturan 1 .
Lapangan dan Bola
Pertandingan dilangsungkan di lapangan basket 3x3 dengan 1ring basket. Lapangan 3x3 biasanya memeliki ukuran lapangan lebar 15 meter dan panjang 11 meter. Lapangan harus memiliki standar lapangan basket secara zona bermain, termasuk free line (5.80m), two point line (6.75m) dan arean no change semi-circle yang teretak di bawah ring basket. Setengah dari lapangan tradisional dapat digunakan bertanding.

Bola resmi 3x3 wajib digunakan untuk semua kategori pertandingan

Catatan pada level grassroots 3x3 dapat dimainkan dimana saja, garis lapangan apabila digunakan dialokasikan di area yang tersedia dalam lapangan.

Peraturan 2
Tim
Setiap tim wajib terdiri dari 4 pemain (3 pemain inti dan 1 pemain cadangan)

Catatan: tidak boleh ada pelatih pada area dan tidak diperbolehkan adanya instruksi dari area tempat duduk.

Peraturan 3
Petugas Pertandingan
Petugas pertandingan terdiri dari 1 atau 2 wasit dan penghitung waktu/skor

Peraturan 4
Permulaan Permainan
4.1 Kedua tim harus melakukan pemanasan secara bersamaan sebelum pertandingan dimulai
4.2 Metode pelemparan koin (coin flip) akan digunakan untuk menentukan tim mana yang akan mendapatkan ball possesion pertama kali. Tim yang memenangkan pelemparan koin dapat memilih dan menggunakan ball possesionnya pada awal pertandingan atauu saat mengawali overtime yang mungkin dapat terjadi.
4.3 pertandingan wajib dimulai dengan 3 pemain berada di lapangan.

Catatan: Point nomor 4.3 dan 6.4 hanya berlaku pada FIBA 3x3 Official Competition saja (tidak wajib untuk events grassroots)
FIBA Official Competition adalah Olympic Tournaments 3x3 World Tour dan 3x3 All Stars.

Peraturan 5
Penghiungan Skor/Skoring
5.1 Setiap tembakan dalam arc diberikan 1 point
5.2 Setiap tembakan di belakang arc diberikan 2 point
5.3 Setiap free throw yang berhasil diberikan 1 point

Peraturan 6
Waktu Permainan / Pemenang Pertandingan
6.1 Waktu permainan adalah  sebagai berikut: satu periode terdiri dari 10 menit. Waktu dihentikan pada saat bola mati dan free throws. Waktu akan dimulai lagi setelah pergantian bola dilakukan (segera setelah berada di tangan pemain penyerang)
6.2 Tim yang berhasil mencetak 21 point atau lebih sebelum waktu pertandingan habis adalah tim yang memenangkan permainan. Peraturan ini hanya berlaku pada waktu pertandingan normal (bukan saat adanya over time)
6.3 jika pada akhirnya kedua tim meiliki skor yang sama atau seri, maka akan ada pemberian tambahan waktu. Jarak waktu sebelum over time dimulai adalah 1 menit. Tim yang lebih dulu mendapatkan 2 point pada overtime memengkan pertandingan.
6.4 Tim akan kalah secara gugur (forfeit) apabila sampai batas waktu yang telah ditentukan tim tersebut tidak dapat hadir di arena dengan 3 pemain. Dalam kondisi tersebut, skor dalam pertandingan akan ditandai dengan w-0 or 0-w (* w untuk win).
6.5 Tim akan langsung dinyatakan kalah (default) apabila tim tersebut meninggalkan lapangan sebelum akhir permainan atau semua pemain dari tim mengalami cidera dan atau diskualifikasi. Dalam  situasi tersebut , tim pemeneng dapat memilih untuk mempertahankan skornya atau memenangkan pertandingan secara forfeit, dimana tim yang kalah akan diberikan skor 0 dalam kasus apapun.
6.6 Tim yang kalah karena default atau forfeit akan didiskualifikasi dari kompetisi.

Catatan: Jika jam pertandingan tidak tersedia maka lama waktu dan point yang diperlukan untuk sudden death akan dilakukan sesuai kebijakan penyelenggara . FIBA merekomendasikan menentukan score limit sesuai dengan durasi pertandingan (10 menit/10 point. 15 menit/15 point: 21 menit/21 point).

Peraturan 7 sampai Peraturan 16

Lanjut posting berikutnya..... KLIK DI SINI

Jangan lupa komen dan subscribe  ya?
Terima Kasih Sampai jumpa lagi
Wassalamualaikum...










No comments:

Post a Comment