Thursday, March 3, 2016

Sistematika Penelitian Tindakan Kelas



Assalamualaikum wr.wb, Salam sejahtera, Salam Olahraga

Selamat berjumpa lagi di Blog Guru Penjasorkes, semoga sobat blogger selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan dalam lindungan Allah SWT Tuhan sekalian alam. Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi pengetahuan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sejak diberlakukannya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang jabatan guru dan angka kreditnya, salah satu unsur pengembangna profesi yang banyak dikeluhkan guru adalah penyusunan publikasi ilmiah, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya pengetahuan guru tentang pnyusunan karya tulis ilmiah, penguasaan teknologi informatika (IT) maupun faktor eksternal lainnya seperti budaya di lingkungan sekolah dan profesinya kurang mendukung. Tetapi dengan diterapkannya peraturan baru tentang jabatan guru dan angka kreditnya mau atau tidak mau, suka atau tidak suka guru harus melaksanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) kalau tidak jabatan dan pangkatnya akan stagnan.

Penelitian Tindakan Kelas Merupakan salah satu bentuk karya publikasi ilmiah yang sesuai dalam upaya memperbaiki mutu proses belajar mengajar karena dampaknya langsung dapat dirasakan oleh guru dan siswa, juga mempunyai nilai angka kredit besar yaitu 4 (empat) point. Setiap guru pada dasarnya ingin memperbaiki proses belajar mengajar pada kelas yang diampunya, namun tidak semua guru dapat menuangkan gagasan tersebut dalam suatu karya publikasi ilmiah secara baik dan benar, untuk itu perlu adanya suatu kaidah dalam menyusun usulan penelitian, melaksanakan dan menyusun laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) agar dapat diakui oleh tim penilai kenaikan pangkat pengembangan profesi.

Mengingat pentingnya fungsi Penelitian Tindakan Kelas dan peran PTK dalam peningkatan mutu dan kualitas prosese belajar mengajar serta syarat kenaikan jabatan dan pangkat admin akan berbagi tentang mekanisme penulisan atau Sistematika Penelitian Tindakan Kelas. Admin yakin banyak sobat Blog Guru Penjasorkes yang sudah paham dan mampu menyusun dan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas sekaligus sudah mendapat nilai angka kreditnya, tetapi tidak ada salahnya jika pada postingan ini menampilakan kembali Sitematika Penelitian Tindakan Kelas yang mungkin dibutuhkan oleh sobat yang akan melakukan Penelitian Tindakan Kelas. 

Mekanisme penulisan atau Sistematika Penelitian Tindakan Kelas yang admin ketahui berdasarkan diklat dan workshop tentang PTK ada bermacam-macam, tetapi pada dasarnya satu dengan lainnya sama. yaitu memuat bagian pembuka, bagian isi, kajian pustaka metode penelitian hasil penelitian dan pembahasan, simpulan dan saran, serta bagian penunjang. Untuk lebih jelasnya tentang Sistematika Penelitian Tindakan Kelas yang bersumber dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah sebagai berikut:

SISTEMATIKA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. BAGIAN PEMBUKA
     a. Halaman Judul
     b. Lembar Pengesahan
     c. Kata Pengantar
     d. Daftar Isi
     e. Daftar Tabel
     f. Daftar Gambar
     g. Daftar Lampiran
     h. Abstrak

B. BAGIAN ISI
     Bab I Pendahuluan
              a. Latar Belakang Masalah
              b. Identifikasi Masalah
              c. Pembatan Masalah
              d. Rumusan Masalah
              e.Ttujuan Penelitian
              f. Manfaat Penelitian
     Bab II Kajian Pustaka
              a. Kajian Teori
              b. Kajian Hasil Penelitian yang relevan (jika ada)
              c. Kerangka Berfikir
              d. Hipotesis Tindakan (tidak wajib)
     Bab III Metode Penelitian
              a. Objek Tindakan
              b. Setting/Lokasi/Subjek Penelitian
              c. Metode Pengumpulan Data
              d. Analisis Data
              f. Cara Pengambilan Simpulan (indikator keberhasilan penelitian)
     Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan
              a. Gambaran Selintas Tentang Setting
              b. Uraian Penelitian Secara Umum/keseluruhan
              c. Penjelasan persiklus
              d. Proses Menganalisis Data
              e. Pembahasan dan Pengambilan Keputusan
     Bab V Simpulan dan Saran
              a. Simpulan
              b. Saran untuk Tindakan Tindak Lanjut

C. BAGIAN PENUNJANG
              a. Daftar Pustaka
              b. Lampiran-lampiran
                  RPP persiklus, daftar hadir, instrumen yang telah dinilai, hasil kerja siswa dan foto-foto kegiatan

Itulah Sistematika  Penelitian Tindakan Kelas yang bisa admin share semoga yang secuil ini dapat bermanfaat bagi sobat Blog Guru Penjasorkes dalam penyusunan Karya Publikasi Ilmiah khususnya penulisan atau Sistematika Penelitian Tindakan Kelas. Admin menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan  dalam tulisan ini untuk itu saran dan pendapat dari sobat blogger sangat dinantikan untuk peningkatan kualitas di Blog ini. Terima Kasih

Sumber: Workshop penulisan PTK LPMP Jateng
              Bimbingan penyusunan PTK dalam In House Trainning di SMPN 2 Tarub


 

1 comment: