Friday, September 12, 2014

Cara Melakukan Servise Atas, Passing Atas, Passing Bawah Permainan Bola Voli

Salam Olahraga
Selamat Bertemu lagi di Blog Guru Penjasorkes,
Pada posting sebelumnya sudah dijelaskan sejarah, dan asal-usul permainan bola voli beserta teknik dasar permainan bola boli secara umum. Kali ini akan saya lanjutkan dengan penjelasan teknik dasar permainan bola voli secara spesifik atau khusus.

Prinsip dasar gerakan permainan bola voli terdiri dari: Servise, Passing, Smash atau spike, dan Blok atau bendungan. Okey... untuk lebih jelasnya silahkan simak Cara Melakukan Servise, Passing Atas, Passing Bawah Permainan Bola Voli berikut:

Cara Melakukan Servise Atas Permainan Bola Voli
  • Persiapan, berdiri dengan kedua kaki dalam posisi melangkah, berat badan bertumpu pada kedua kaki dan sikap badan agak ke depan, pegang bola di depan badan.
  • Gerakan, lambungkan bola ke atas agak ke belakang menggunakan tangan kiri, lentingkan badan ke belakang. Bersamaan dengann gerakan badan ke depan, bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan.
  • Akhir Gerakan, ikuti gerakan badan ke depan dengan menlangkahkan kaki belakang ke depan. Berakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak memukul. 

Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar berikut



Cara Melakukan Passing Atas Permainan Bola Voli
  • Persiapan, berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan, posisi lengan agak di tekuk di depan  badan dengan kedua telapak tangan dan jari-jari renggang sehingga membentuk seperti mangkuk atau corong di depan atas wajah.
  • Gerakan, dorongkan kedua lengan ke aarah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat, usahakan arah datangya bola di tengah-tengah atas wajah, perkenaan bola yang baik adalah tepat mengenai jari-jari tangan.
  • Akhir gerakan, tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong.
 
Untuk lebih jelas silahkan simak gambar berikut

 

Cara Melakukan Passing Bawah Permainan Bola Voli
  • Persiapan, berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada kedua ujung kaki di bagian depan. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan  badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan pandangan ke arah datannya bola.
  • Gerakan, Dorongkan kedua lengan ke arah datannya bola, bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat ditengah-tengah badan, dan perkenaan bola tepat pada lengan bagian bawah di atas pergelangan tangan.
  • Akhir Gerakan, tumit terangkat dari, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak dorong.
 
Untuk lebih jelas silahkan simak gambar berikut

 

Demikian  Cara Melakukan Servie, Passing Atas, Passing Bawah Permainan Bola Voli yang dapat saya sampaikan. Kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Terima kasih

1 comment:

  1. Terimakasih. Artikelnya sangat membantu. Ijin menggunakan artikel nya. Akan kami kutip sumbernya.

    ReplyDelete