Monday, February 2, 2015

Teknik Dasar Menembak Sambil Meloncat (Jump Shoot)

Salam Olahraga,
Kali ini blog Guru Penjasorkes akan berbagi materi Teknik Dasar Permainan Bola Basket. Pada Posting sebelumnya telah kita  pelajari Teknik Dasar Permainan Bola Basket yang harus di dipahami seorang yang akan melakukan permainan bola basket seperti: Dribbling, Passing, Shooting, dan Pivot. Pada kesempatan ini akan kita bahas teknik dasar permainan bola basket shooting atau memasukan bola ke ring (keranjang).

Teknik dasar menembak (shooting) dalam permaian bola basket dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu: teknik dasar menembak sambil meloncat, teknik dasar menembak di tempat (tembakan hukuman). Baik, mari kita bahas bagaimana cara menembak sambil meloncat dalam permainan bola basket.

Jenis tembakan ini merupakan teknik tembakan yang cukup sulit dilakukan, karena merupakan gerakan yang komplek. Gerakan ini terdiri dari unsur loncatan, tembakan dan ketepatan waktu saat melepaskan bola. Kombinasi ketiga unsur inilah yang mempengaruhi keberhasilan tembakan. Pada dasarnya teknik dasar menembak sambil meloncat di bagi menjadi dua macam yaitu:
  • Teknik dasar menembak dengan satu tangan sambil meloncat
  • Teknik dasar menembak dengan dua tangan sambil meloncat.
Adapun rangkaian gerak Teknik dasar menembak satu tangan sambil meloncat sebagai berikut:
  1. Posisi kaki berdiri kaki selebar bahu dengan memegang bola pada dengan memegang bola pada dua tangan seperti akan menembak satu tangan.
  2. Tekuk lutut sedikit sehingga badan agak rendah
  3. Bersamaan dengan itu bola diangkat di atas depan kepala, tolakan kaki hingga badan lurus dan posisi berdiri di udara dengan kaki lurus.
  4. Pada saat titik tertinggi, bola didorong menggunakan dengan meluruskan tangan kanan dan lecutkan bola dengan ujung-ujung jari menuju ke arah basket ( ring ) sebagai sasaran.
  5. Gerakan selanjutnya adalah mendarat dengan kedua kaki bersamaan dan ngeper, pandangan mengikuti jalannya bola. Lebih jelasnya perhatikan gambar berikut:
gb. Teknik dasar menembak dengan satu tangan sambil meloncat ( Jump soot ) 
Kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan tembakan satu tangan sambil meloncat adalah loncatan kurang tinggi, bola disamping kepala, dan melepaskan bola saat badan belum mencapai titik tertinggi.

Teknik dasar menembak dengan dua tangan sambil meloncat adalah sebagai berikut:
  1. Berdiri dengan kaki sejajar atau bisa juga menggunakan sikap kuda-kuda. Jika menggunakan kaki sikap kuda-kuda, maka kaki yang di depan sesuai dengan tangan yang digunakan untuk menembak (kanan)
  2. Bola dipegang dengan kedua tangan di atas kepala agak ke depan. Posisi siku yang digunakan untuk menembak membentuk sudut 90 derajat.
  3. Lutut ditekuk agak dalam untuk mengambil awalan, dan pertahankan posisi siku.
  4. Tembakan diawali dengan loncatan tegak lurus ke atas, dan bola dilepaskan pada saat penembak sampai pada titik tertinggi. Untuk lebih jelas lihat gambar berikut:
 
gb. Teknik menembak dengan dua tangan sambil meloncat.
Demikian pembahasan Teknik Dasar Menembak Sambil Meloncat (Jump Shoot) yang dapat disampaian, semoga bermanfaat. Kritik, saran, dan Pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar yang tersedia. Terima kasih. 
Sumber: Bse Penjasorkes, (Budi Sutrisno), dan Teori Permaian Bola Basket (Simanjutak)

No comments:

Post a Comment