Monday, April 2, 2012

Teknik Renang Gaya Dada

Renang gaya dada atau gaya katak adalah berenang dengan posisi badan/dada menghadap ke permukaan air, kedua kaki menendang ke arah luar sedangkan kedua tangan dibuka melebar ke samping sepeti gerakan membelah air agar badan lebih cepat ke depan. Gerakan tubuh meniru gerakan katak waktu berenang sehingga gerakan gaya dada sering juga disebut gaya katak. Renang gaya dada dibandingkan dengan gaya lainnya merupakan gaya yang paling lambat daya lajunya.
Teknik dasar renang gaya dada:
 1. latihan gerakan meluncur Meluncur merupakan teknik awal yang harus dikuasai perenang, latihan meluncur sangat penting untuk menghilangkan rasa takut dalam air, menyesuaikan suhu tubuh, dan menghilangkan resiko cedera.
- Berdiri dipinggir kolam, salah satu kaki menempel pada dinding kolam
- Badan dibungkukan de depan sejajar dengan permukaan air dan kedua lengan diluruskan mengapit telinga. - Tolakan kaki yang menempel di dnding kuat-kuat, badan akan meluncur ke depan
- Kedua kaki dan kedua lengan lurus ke depan
- Tubuh lurus dan jaga keseimbangan, posisi badan di atas permukaan air (stream line)
 
 Latihan Gerakan kaki: Pelaksanaan:
- Sikap badan telungkup
- Kedua Tangan berpegangan pada dinding
- Kepala berada di permukaan air dan kedua kaki diluruskan
- Kedua kaki ditarik ke samping dan kedua kaki diluruskan
- Kemudian kedua kaki diluruskan sambil membuat lecutan pada saat ditutupkan
- Pergelangan kaki tetap relax
- lakukan secara berulang-ulang dengan kecepatan dan kekuatan penuh sehingga akan terasa adanya    dorongan dalam meluncur ke depan

 

 Latihan Gerakan Tangan:
 Pelaksanaan:
- Kedua kaki dilekatkan pada dinding kolam
- Kedua tangan diluruskan dan kepala keluar dari permukaan air
- Tarik kedua tangan secara bersamaan ke arah bawah dada sambil kedua telapak tangan mengayuh air
- Lakukan secara berulang-ulang
- Dapat dilakukan dengan bantuan papan peluncur







Latihan mengambil nafas:
Prinsipnya sama dengan latihan gerakan tangan, yaitu pada kedua tangan ditarik ke samping, dagu di angkat ke atas permukaan air sambil menghirup udara.
Sumber: Bse Sodikin Candra

12 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih dan sukses juga buat Agan

      Delete
  2. wahhh,ini artikelnya sangat bermanfaat bagi yang mau belajar berenang dan guru olah raga.lanjutkan gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kunjungan dan komentar Agan menjadi support yang baik bagi peningkatan mutu blog ini, terima kasih dan sukses selalu buat agan di sana...

      Delete
  3. Bermanfaat sekali. Terima kasih pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Gan... Hidup akan lebih indah jika bermanfaat bagi orang lain

      Delete
  4. terima kasih info nya.. saya mau tanya, perkiraan kecepatan renang normal dgn gaya dada berapa m/s ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Renang gaya dada merupakan gaya yang paling lambat dibandingkan dengan gaya lainnya: crawl. punggung atau kupu. kalo ditanya kecepatan normalnya agak susah ukurannya karena itu relatif tapi kalo pencapaian rekor renang gaya dada bisa dilihat pada hasil pertandingan misal even nasional tahun 2012 renang gaya dada dengan jarak 50 m dengan waktu 46,171 detik. demikian yg bisa saya jelaskan

      Delete
  5. thanks for your information sir

    ReplyDelete
  6. Ada teknik renang gaya bebas ga pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, cari aja di search box di pojok kanan atas blog ini

      Delete