Saturday, February 18, 2012

CARA MEMBUAT PRESENTASI DENGAN POWER POINT

Pembelajaran Penjasorkes identik dengan metode praktek langsung di lapangan olahraga tetapi kita sebagai guru penjasorkes juga harus menyadari bahwa maeri praktek akan lebih bisa dipahami oleh siswa kalau sebelumnya mereka tahu, mengerti dan memahami secara teori. Alokasi waktu mapel Penjasorkes sangat terbatas sekali, guru harus menjelaskan teori olahraga sekaligus memperagakan gerakan-gerakan dari materi tersebut hal ini seringkali teori olahraga tidak secara optimal dikuasai siswa.
Kendala lainnya adalah belum semua guru Penjasorkes mau dan sempat mengajarkan teori olahraga, mungkin karena keterbatasan sumber daya atau bahan ajar juga keengganan guru penjasorkes menyampaikan teori-teori olahraga. Hal lain juga bisa disebabkan siswa merasa bosan kalau pelajaran Olahraga tapi masuk dikelas.
Untuk mengurangi kendala tersebut dan menjadikan teori penjasorkes lebih menarik belajar siswa kita sebagai guru perlu menggunakan metode dan alat pembelajaran yag tepat, salah satunya adalah metode presentasi menggunakan power point.
Penggunaan power point dalam pembelajaran teori Penjasorkes banyak sekali manfaatnya yaitu pembelajaran lebih menarik karena siswa di tempatkan dengan situasi yang menyenangkan dengan melihat tayangan slide, siswa mendapat pengalaman lain dari semula pembelajaran dengan metode konvensional/ceramah. Power point juga bisa didesain sedemikian rupa dengan menyisipkan video tentang teknik olahraga yang sedang dibahas dengan demikian siswa bukan hanya mempelajari teori tapi langsung melihat model gerakan lewat tanyangan video.
Nah... sekarang tinggal bagamana cara membuat presentasi pembelajaran menggunakan power point? bagi yang sudah mahir saya mohon kritik saran yang membangun dan bagi teman-teman guru yang belum bisa membuat presentasi power point dan berminat belajar silahkan klik di Cara Membuat Presentasi Menggunakan Power Point semoga tulisan ini bermanfaat