Thursday, August 20, 2015

Jenis Servis dan Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja

Salam Olahraga,

Blog Guru Penjasorkes kali ini akan membahas Jenis Servis dan Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja. Siapa sich... yang tidak mengenal permainan tenis meja? permainan tenis meja merupakan salah satu jenis olahraga yang gampang ditemui di sekitar kita. Permainan ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, banyak kita temui lapangan tenis meja di pelosok bahkan tidak jarang dalam satu kampung terdapat lebih dari satu lapangan. Permainan tenis meja dapat dilakukan oleh semua tingkatan baik anak-anak, remaja, dewasa, bahkan sampai manulapun masih bisa memainkan permainan ini karena tidak terlalu berat tenaga yang digunakan. Okey... biar tidak ngelantur mari kita fokus membahas tentang Jenis Servis dan Pukula Dalam Permainan Tenis Meja.



Untuk dapat melakukan permainan tenis meja kita harus paham dan mampu melakukan teknik dasar permainan tenis meja, di bawah ini adalah teknik dasar permainan tenis meja:

1. Teknik Servis

Servis merupakan sajian atau pukulan pertama untuk memulai permainan, servis dalam tenis meja menjadi penting manakala kita dapat melakukannya dengan baik bahkan melalui sajian bola pertama ini dapat dijadikan serangan maksudnya dengan servis yang baik diharapkan lawan tidak dapat mengembalikan bola ke lapangan kita atau pengembalian bola servis lebih mudah kita smash sehingga lawan mati dan kita mendapatkan point.

Jenis Servis dalam permainan tenis meja dapat dibedakan menjadi:

Servis backspin yaitu servis dengan bola spin atau putaran bola ke arah belakang, keuntungan menggunakan servis ini bola yang dihasilkan menjadi berputar ke belakang, pantulannya rendah, jangkauannya pendek, sulit diduga arah dan tipe putarannya sehingga sulit dikembalikan lawan,

Servis high toss yaitu servis yang dimulai dengan melambungkan bola tinggi ke udara. keuntungan menggunakan servis ini kita dapat leluasa untuk melakukan servis dan memukul bola sesuai keinginan misalnya akan melakukan servis dengan putaran belakang, putaran samping, atau servis bola kosong, sehingga lawan akan kaget dan bola sulit dikembalikan lawan.

2. Teknik Pukulan

Jenis pukulan dalam permainan tenis meja yang dapat kita pelajari adalah sebagai berikut:

Drive adalah pukulan dasar dalam permainan tenis meja, ciri-ciri pukulan drive bola drive tidak menggunakan tenaga yang terlalu keras, bola sedikit putarannya, tinggi rendahnya bola mudah dikuasai dan cepat lambatnya lajur bola tidak akan susah dikendalikan.

Push adalah pukulan dengan cara mendorong bola. Ciri-ciri pukulan push bola yang dihasilkan dari pukulan ini berupa bola polos nyaris tanpa putaran, termasuk bola pertahanan namun bisa digunakan untuk serangan balik.

Block adalah pukulan hadang di dekat jaring atau net. ciri-ciri pukulan bolck dilakukan dekat dengan net, merupakan bola polos tanpa putaran, mampu menyerap, mengurangi atau memperlemah tenaga pantulan bola lawan, pukulan block dapat digunakan sebagai serangan dengan cara membelokan arah pukulan lawan.

Smash adalah pukulan keras tajam kearah lapangan lawan dengan tujuan mematikan dan mendapatkan point atau angka. Pukulan smash dilakukan dengan tenaga penuh dan kecepatan maksimal sehingga bola yang dihasilkan sangat cepat baik pergerakan maupun putarannya.

Lobbing adalah pukulan yang bolanya diarahkan jauh ke belakang meja lawan. ciri-ciri pukulan lob adalah bola yang dihasilkan membentuk arah parabola dan jatuh di meja atau pinggir belakang lapangan lawan. pukulan ini biasanya berupa bola putar.

Spin yaitu pukulan dengan sedikit sentuhan sehingga bola yang dihasilkan berputar sangat cepat. pukulan spin dapat dibedakan menjadi forehand spin yaitu spin yang dilakukan dari arah kanan badan dan backhand spin yaitu spin yang dilakukan dari sisi kiri badan.

Itulah Jenis dan Pukulan Dalam Permainan Tenis Meja yang dapat Blog Guru Penjasorkes sampaikan, semoga bermanfaat bagi sobat blogger. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran silahkan sobat blogger tulis pada kolom komentar dibawah posting ini, Terima kasih

Salam Olahraga


No comments:

Post a Comment