Saturday, August 3, 2013

Bentuk-bentuk Latihan Kebugaran Jasmani

Tubuh yang sehat dan bugar merupakan dambaan semua orang. Agar tubuh kita sehat dan bugar kita perlu dan harus melakukan olahraga secara teratur. Salah satu Bentuk latihan Kebugaran Jasmani yang dapat dilakukan adalah dengan latihan pengembangan tubuh. Bagaimana bentuk latihan pengembangan tubuh itu?

Latihan pengembangan tubuh adalah jenis latihan tubuh melalui gerakan senam yang dipergunakan sebagai latihan pemanasan. Jenis latihan pengembangan tubuh belum memerlukan ketrampilan yang tinggi, tetapi masih merupakan gerakan-gerakan yang sederhana dan melelahkan. Jenis latihan itu antara lain jogging, berjalan, melompat, merangkak, berjangkit, atau jenis-jenis gerakan yang mengandung unsur kecepatan, kekuatan, kelincahan, kelentukan, keseimbangan, koordinasi, dan ketahanan tubuh.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran  Jasmani merupakan kesanggupan dan kemampuan untuk melakukan kerja atau aktivitas mempertinggi daya kerja tanpa mengalami kelelahan yang berarti atau berlebihan. Kebugaran Jasmani diperlukan oleh semua orang  apappun kegiatan dan profesinya, karena dengan tingkat kebugaran jasmani yang baik, seseorang akan menjalankan aktivitasnya dengan baik pula.

Upaya untuk mengembangkan dan memlihara kebugaran jasmani sseseorang salah satu caranya adalah dengan melkukan berbagai bentuk latihan fisik atau jasmani secara teratur. Kebugaran jasmani menyangkut kemampuan penyesuaian tubuh seseorang terhadap perubahan faal tubuh yag disebabkan oleh aktivitas tertentu dan menggambarkan derajat sehat seseorang untuk berbagai tingkat kegiatan fisik. Dengan demikian di dalam kebugaran jasmani terdapat tiga unsur pokok, yaitu unsur yang sesuai bagi tubuh, unsur kerja, dan unsur sehat..

Bentuk-bentuk latihan Kebugaran Jasmani

Bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani meliputi
  • interval trainning, 
  • jogging, 
  • Fartleks ,dan 
  • circuit trainning.  
Pada postingan kali ini akan kita pelajari circuit trainning. Sistem latihan cirkuit trainning diperkenalkan oleh Morgan dan Adamson. pada tahun 1953. di Universitas Of Leeds, Inggris.
Bentuk latihan sirkuit  adalah kombinasi dari semua unsur fisik dan biasanya bentuk latihan di susun dalam lingkaran, karena itu nama latihan ini disebut circuit trainning.


                                                                Sumber: morehungama.com



Komponen-komponen yang terdapat dalam sirkuit trainning antara lain:


Kekuatan ( Strength)
Kekuatan adalah kemampuan otot untuk menggunakan tenaga maksimal terhadap suatu tahanan. otot-otot yang kuat dapat melindungi persendian d sekelilingnya dan mengurangi kemungkinan terjadingya cedera karena aktivitas fisik.

Daya Tahan (Endurance)
Daya tahan adalah kemampuan seseorang untuk melakukan kerja dalam waktu relatif lama. Istilah lainnya yang sering di gurnakan adalah respiratio cardio vasculair endurance, yaitu daya tahan yang berhubugan dengan pernafasan, jantung dan paru-paru.

Langkah -langkah melakukan latihan Circuit Trainning 

  • Persiapakan lapangan dan alat-alat yang dipergunakan untuk circuit trainning.
  • Atlit/siswa diberi penjelasan dan mencoba melakukan bentuk latihan tersebut tiap pos
  • Atlit/siswa melakukan circuit trainning dan berusaha untuk menyelesaikan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
  • Selesai melakukan sirkuit, waktu dicatat dengan teliti hingga sepersepuluh detik dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu sirkuit tersebut. Waktu itu disebut initial time atau waktu yang dicatat pertama kali diselesaikannnya tugas tersebut.
  • Atas dasar initial time ini kemudian ditetapkan sauatu target waktu, yaitu waktu sasaran yang akan dicapainya kelak. Target waktu biasanya 1/3 lebih singkat dari initial time.
Contoh: apabila initial timenya 5 menit 30 detik atau 330 detik, maka terget waktunya adalah 330-1/3 x 330 detik = 220 detik atau 3 menit 40 detik.

Cara Pengaturan Pos Circuit Trainning dapat digambarkan di bawah ini.
                                                                 sumber: morehungama.com

Demikian sekilas tentang Bentuk-bentuk Latihan Kebugaran Jasmani yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Saya menyadari masih banyak kekurangan dalam penjelasan tentang bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani ini, untuk itu kritik dan saran dari sahabat blog guru penjasorkes dan siapa saja yang membaca tulisan ini selalu dinantikan melalui kolom komentar. Terima kasih