Monday, December 3, 2012

Definis, Cara Bermain Dan Peraturan Permainan Futsal

Siapa sich yang tidak tahu permainan futsal? Sebagian besar anak laki-laki menyukai permainan bola seperti permainan sepak bola dan permainan futsal, tetapi sebagian kecil dari mereka yang mengetahui secara detail apa itu permaianan futsal beserta peraturannya. Meskipun sudah banyak yang share peraturan permainan futsal tetapi tidak ada salahnya kalau lewat blog ini saya share kembali, dengan tujuan agar peminat permainan futsal lebih banyak mendapatkan informasi yang lengkap tentang futsal.
Baiklah lewat tulisan ini saya mencoba mengupas secara detail tentang definisi, cara bermain, dan peraturan permainan futsal. Definisi Menurut asal kata Futsal berasal dari bahasa Spanyol, yaitu gabungan dari kata Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan) yang berarti sepak bola dalam ruangan.

Permainan Futsal adalah permainan bola yang dilakukan atau dimainkan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri dari dari lima atlit. Permainan dilakukan dengan menyepak bola dengan tujuan memasukan bola ke gawang lawan. Pada dasrnya cara bermain futsal hampir sama dengan permainan sepak bola dan hanya sedikit saja perbedaannya. Pencipta permainan futsal adalah Juan Carlos Ceriani dari Montevideo, Uruguay pada tahun 1930.
Top Organisasi Futsal Dunia sama dengan Sepak bola yaitu FIFA (Federation International Football Assosiation. Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan diSao Paulo Brasil pada tahun 1989.

Peraturan Permainan Futsal
Lapangan:
 - Ukuran Lapangan panjang 25-42 meter dan lebar 15-25 meter
- Garis batas dengan lebar 8 cm, lingkaran tengah 3 mater
- Daerah pinalti busur berukuran 6 meter dari setiap pos
- Garis penalti 6 meter dari titik tengah garis gawang
- Garis penalti ke dua 12 meter dari titik tengah garis gawang
- Zona pergantian daerah 6 meter (3 meter pada sisi garis tengah lapangan)
- Gawang tinggi 2 mater dan lebar 3 meter.
- Permukaan lapangan rata, halus dan tidak abrasif Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:
Bola

Bola yang digunakan untuk permainan futsal berbeda dengan bola pada permainan sepak bola, bola futsal lebih kecil ukurannya dan mempunyai daya pantul rendah.
Untuk lengkapnya simak berikut ini:
- Ukuran 4 - Keliling 62-64 centimeter
- Berat 390- 430 gram
- Lambungan/pantulan 55-65 centimeter pada pantulan pertama dari lambungan setinggi 2 meter
- Bahan, Bola terbuat dari kulit atau karet sintesis
Jumlah Pemaian

- Jumlah pemaian dalam pertandingan tiap regu adalah 5 orang termasuk penjaga gawang
- Jumlah pemain cadangan maksimal 7 orang
- Pergantian pemaian saat pertandingan tidak terbatas
- Pergantian penjaga gawang dilakukan hanya pada saat bola mati dan atas persetujuan wasit.

Lama Permainan

Permainan futsal dilakukan dalam dua babak, tiap babak 20 menit. waktu dapat diperpanjang untuk tentangan penalti. Time out dapat dilakukan satu kali per regu per babak dan tidak ada time out dalam waktu tambahan. Waktu istirahat tiap babak adalah maksimal 10 menit.

Perlengkapan Pemain

Pemaian harus menggunakan kostum yang sesuai dengan peraturan permainan yaitu memakai kaos bernomor, celana pendek, kaos kaki, dan memakai sepatu bersol pendek dang terbuat dari karet.

Untuk peraturan perwasitan akan di shaer pada posting selanjutnya, jadi buat sobat bloger silahkan sering berkunjung di blog ini untuk mengikuti update artikel olahraga lainnya. Terima kaasih jika sobat bloger berkenan memberi masukan dan komentarnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment