Friday, October 5, 2012

Cara Latihan Teknik Lay Up dan Teknik Pivot Bola Basket

Pada Posting terdahulu telah kita pelajari tentang teknik dasar permainan bola basket, di antaranya teknik driblling, teknik passing. Kali ini akan kita lanjutkan belajar teknik dasar permainan bola basket lanjutan yaitu tentang cara latihan teknik lay up dan teknik pivot.
Lay Up adalah suatu tembakan atau shooting yang dilakukan dengan jarak dekat sekali dengan ring basket. memasukan bola dengan cara lay up diawali dengan gerakan langkah lebar kemudian langkah pendek dan dilanjutkan dengan lompatan setinggi-tingginya untuk memasukan bola ke ring basket. Dalam bahasa yang sederhana Lay up adalah memasukan bola ke dalam ring basket yang di dahului dengan langkah dan lompat. Bagaimana cara melakukan latihan lay up?
Agar kita dapat melakukan lay up mari kita pelajari teknik lay up yang benar yaitu:
  1. Pertama melakukan menggiring bola atau driblle bola dilanjutkan dengan gerakan melangkah lebar, sikap badan condong ke depan.
  2. Setelah mendekati ring atau posisi badan dekat dengan ring melakukan langkah pendek, dilanjutkan dengan gerakan menolak satu kaki sekuat-kuatnya untuk mendapatkan lompatan setinggi-tingginya.
  3. Bola kita pegang dengan satu tangan, bersamaan dengan puncak lompatan masukan bola ke dalam ring basket dengan gerakan dimulai dari samping ring sebelah kiri maupun kanan.
  4. sikap akhir mendarat dengan dua kaki bersama dengan ujung kaki yang menyentuh tanah dan dilanjutkan dengan gerakan ngeper atau sedikit menekuk lutut.
Selanjutnya cara melakukan latihan teknik Pivot. Pivot adalah gerakan membawa bola dengan cara jalan memutar tubuh ke segala arah dengan poros satu kaki sebagai sumbunya. Tujuan gerakan pivot adalah untuk menghindari sergapan lawan.
Cara melakukan latihan pivot adalah sebagai berikut:
  1. Sikap awal berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu, bola dipegang dengan dua tangan di depan dada.
  2. Putar badan ke depan atau ke belakang dengan melangkahkan satu kaki baik kaki kanan atau kaki kiri ke depan atau ke belakang sesuai dengan kebutuhan. Gerakan kaki lainnya menyesuaikan dengan kaki gerak dan berat badan pada kaki poros.
  3. Pandangan ke arah teman dengan tujuan agar lebih fokus jika akan melakukan operan atau passing lanjutan.
 Demikian sekilas tentang cara melakukan latihan teknik lay up dan teknik pivot bola basket yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Komentar serta kritik saran saya nantikan untuk perbaikan tulisan di blog ini. Terima kasih