Friday, September 28, 2012

Teknik Lompat Tinggi Gaya Guling (Straddle)

Pada posting terdahulu telah dijelaskan tentang teknik lompat jauh, mulai dari teknik awalan sampai teknik mendarat yang benar. Kali ini akan dibahas materi Atletik nomor lompat yang lain yaitu: teknik lompat tinggi khususnya lompat tinggi gaya guling perut atau sering di sebut gaya straddle.
Pada saat saya di sekolah dasar lompat tinggi gaya straddle disebut gaya anjing kencing hehehe.... karena gerakan lompat tinggi ini mirip dengan gerakan saat anjing buang air kecil, tidak percaya silahkan amati sendiri.

Baiklah kita lanjutkan pembahasan tentang lompat tinggi gaya guling atau straddle. Untuk dapat melakukan gerakan lompat tinggi gaya guling atau stradlle terlebih dulu harus menguasai beberapa teknik dasarnya yaitu sebagai berikut:
  1. Teknik langkah lari untuk awalan. Teknik awalan lompat tinggi gaya guling atau stradlle dilakukan dari depan samping mistar dengan sudut kemiringan antara 20-45 derajat. Pada umumnya jarak melakukan awalan adalah 10 sampai 15 meter. Yang sangat penting diperhatikan dalam melakukan awalan adalah tiga langkah terakhir, yaitu dengan mempercepat, langkah diperpanjang, dan badan lebih condong ke belakang.
  2. Teknik tolakan kaki. Teknik ini dilakukan menggunakan kaki yang terkuat, setelah selesai melakukan awalan kaki belakang di ayun ke atas di samping mistar, kepala ditengadahkan ke belakang, kedua tangan di ayun ke atas, bersamaan dengan itu kaki tolak ditolakkan sekuat-kuatnya. Sedangkan urutan tolakan dimulai dengan tumit menggelinding ke ujung kaki.
Latihan teknik tolakan kaki dapat dilakukan sebagai berikut:
- Mengayunkan kaki dengan bantuan bola atau menyentuhkan kaki ayun pada benda yang letaknya tinggi di depan badan.
- Berlatih mengayunkan kaki pada mistar yang direndahkan.

3.      Teknik sikap saat melayang di atas mistar. Teknik melayang di atas mistar pada lompat tinggi gaya guling ini dilakukan setelah menguasai teknik tolakan dengan baik dan benar. Teknik di atas mistar dengan bentuk dan sikap seperti sikap telungkup seperti tidur.
4.      Teknik mendarat. Teknik mendarat didahului dengan gerakan guling di atas mistar, kemudian kaki ayun mendarat terlebih dulu diikuti bahu dan seluruh badan.
Catatan: Jika tempat mendarat menggunakan busa atau spon yang tebal maka teknik pendaratan bisa dilakukan dengan bahu kanan dan diikuti seluruh badan.