Tuesday, August 21, 2012

Nilai-nilai Positif dan Karakter Guru Olahraga Sesuai Dengan Tupoksi


Seorang Guru Olahraga atau guru Penjasorkes di sekolah mempunyai tugas yang sangat berat yaitu mendidik siswa agar menjadi anak yang berbudi luhur, sekaligus melatih gerak dasar olahraga untuk itu seorang guru olahraga harus mempunyai nilai-nilai positif dalam  kepribadian dan berkarakter yang baik. 

Nilai-nilai positif dan karakter guru olahraga yang sesuai dengan tupoksi dapat dijabarkan sebagai berikut:

1. Disiplin
        Guru olahraga harus memiliki kedisiplinan tinggi yang diterapkan pada diri sendiri dan kepada siswanya, karena dalam belajar ilmu gerak latihan yang teratur dan terprogram merupakan salah satu persyaratan agar pembelajaran dapat berhasil sesuai yang diharapkan.

2. Semangat
        Proses belajar mengajar yang diawali dengan rasa senang dan dalam suasana yang menyenangkan akan menimbulkan motivasi dan semangat sehingga guru maupun siswa mampu melakukan tahapan latihan tanpa merasa terbebani dengan demikian gerakan-gerakan yang sulit dan rumit akan terasa lebih mudah dipelajari.

3. Keberanian
       Guru olahraga harus mampu memotivasi siswa untuk melakukan gerakan dan teknik olahraga yang lebih kompleks dan membutuhkan keberanian untuk melakukannya. contohnya teknik dan gerakan senam lantai, maupun teknik gerak cabang renang.

4. Profesional
      Guru olahraga memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidangya, dan dapat menempatkan diri pada situasi maupun kondisi yang dihadapi serta dapat menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat.

5. Tanggung Jawab
     Dalam pelaksanaan tugas seorang guru olahraga bertanggung jawab kepada siswa agar siswa memperoleh pengetahuan dan meningkatkan prestasi secara optimal. Guru olahraga juga bertanggung jawab kepada Pemerintah, orang tua siswa dan lingkungan dalam peningkatan mutu pendidikan.

6. Kejujuran
          Guru olahraga harus memiliki kejujuran yang tinggi dan menanamkan sikap fair play kepada siswa atau atlitnya. Salah satu hal yang dapat dilakukan yaitu dengan mengakui kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita baik dalam latihan maupun dalam pelaksanaan pertandingan, karena hal ini dapat memacu belajar agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

7. Kebersamaan
      Prestasi belajar maupun olahraga dapat tercapai apabila semua komponen yang terkait saling mendukung, saling kerjasma satu dengan lainnya. contohnya dalam permainan sepak bola unsur terpenting atau utama adalah kekompakan tim dalam permainan bukan kemampuan individu semata.

8. Komitmen
          Adanya suatu kesepakan yang kuat antara guru olahraga, siswa, maupun pihak sekolah merupakan modal yang baik untuk meningkatkan proses dan hasil belajar. Semua komponen yang terkait saling bahu membahu bekerja keras dan bersinergi untk tercapainya tujuan yang diharapkan.

9. Keteladanan
          Guru olahraga harus memberi contoh yang baik dalam segala hal yang menyangkut sikap, perilaku, dan kepribadian kepada siswa, dan masyarakat lainnya. Profesi guru sangat dihormati dilingkungan masyarakat untuk itu Seorang guru wajib menjaga sikap dan kepribadian yang sesuai dengan tatanan sosial yang berlaku dimasyarakat sekitar.

10. Kreatifitas
       Kreatifitas dan inovasi selalu dikembangkan oleh guru olahraga dalam menerapkan metode pembelajaran yang lebih baik dan effektif dari metode sebelumnya. Penggunaan media dan alat peraga yang sesuai dan modern akan meningkatkan minat belajar yang pada akhirnya tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik.

Demikian sepuluh nilai-nilai positif dan karakter yang harus dimiliki guru olahraga dalam menjalankan profesi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) sebagai pendidik sekaligus pelatih. mudah-mudahan bermanfaat. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam tulisan ini, Kritik dan saran sangat diharapkan untuk perbaikan kwalitas tulisan maupun blog pembelajaran ini. Terima kasih