Friday, July 13, 2012

MASA ORIENTASI SISWA BARU TAHUN 2012

Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) telah usai, sekarang waktunya melanjutkan kegiatan daftar ulang bagi yang sudah diterima di sekolah yang diinginkan. Saya ucapkan Selamat atas keberhasilan kalian karena mulai sekarang kalian akan mengalami suasana belajar yang baru dengan sekolah yang baru tentunya.
Sudah menjadi kemakluman bahwa setiap tahun ajaran baru siswa baru akan melalui tahapan seperti tersebut di atas dan yang tidak terlupakan tentunya kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS). disetiap lembaga  Pendidikan Dasar dan Menengah Pengenalan lingkungan sekolah kepada siswa baru merupakan hal yang sangat baik dan bermanfaat, Masa Orientasi Siswa di lakukan dengan tujuan agar siswa baru mengetahui gambaran yang akan dialami selama belajar di sekolah tersebut. 

Kegiatan Masa Orientasi siswa mempunyai landasan atau dasar hukum yaitu:
1. Keputusan Menteri Pendidikan Nomor 0641/U/1984, tentang Pembinaan Kesiswaan
2. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/ Kep/1992 tentang  Pedoman Pembinaan Kesiswaan.
Masa Oreintasi Siswa (MOS) sangat penting dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Masa Orientasi Siswa merupakan kegiatan yang sangat strategis dalam Pembinaan Kesiswaan yang bertujuan mengantarkan siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah baru, teman baru, guru baru, budaya belajar yang baru, tata tertib sekolah dan lain sebagainya. Kegiatan Masa Orientasi Siswa diarapkan dapat membantu siswa dalam mengenal lingkungan sekolah yang baru dengan lebih cepat sehingga proses belajar mengajar lebih berhasil karena siswa memiliki gambaran yang jelas tentang hal-hal yang akan dialami.

Materi kegiatan Masa Orientasi Siswa:
1. Budi Pekerti dan Tata Krama
2. Kedisiplinan dan Tata Tertib Sekolah.
3. Wawasan Wiyata Mandala.
4. Bahaya Penggunaan Narkoba dan Zat Adiktif.
5. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).
6. Tata Laksana Upacara Bendera dan Peraturan Baris Berbaris (PBB).
7. Kepramukaan.
8. Outbound (Character building).
9. Materi lain yang berhubungan dengan muatan lokal di sekolah dan daerah masing-masing.

Hal-hal yang harus dihindari dan waspadai pada saat pelaksanaan Masa Orientasi Siswa Baru.
Pembina dan Panitia Masa Orientasi Siswa dilarang melakukan tindakan kekerasa atau perpeloncoan baik secara fisik maupun perploncoan secara psikis. Contoh perpeloncoan secara fisik yaitu tindakan dan pemberian hukuman yang mengarah pada penganiayaan fisik, sedangkan perpeloncoan psikis yaitu tindakan atau perintah yang dapat mempermalukan atau mempersulit peserta Masa Orientasi Siswa seperti peserta MOS harus mengenakan atribut tertentu, membawa benda-benda tertentu, atau mencari "hal" yang sulit dan tidak mendidik.

Demikian sekilas tentang kegiatan Masa Orientasi Siswa baru agar kita sebagi peserta dan orang tua siswa memahami dan terpenting bagi para Pembina maupun Panitia Masa Orientasi Siswa dapat saling menjaga dan menerapkan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga tujuan dari kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan pada gilirannya dunia pendidikan di negara ini akan semakin berkualitas. Amin

Kritik dan saran sangat penulis harapkan dari pembaca agar dapat meningkatkn mutu tulisan dikemudian hari, dan jika berkenan memberikan klik untuk perbaikan blog ini. Terima kasih