Monday, July 16, 2012

Blog Media Alternatif Pembelajaran Di Sekolah


Selamat berjumpa lagi sobat blogger yang setia berkunjung di blog ini. kali ini saya ingin berbagi pengalaman dengan sobat bloger khususnya sobat yang berprofesi sebagai pendidik atau guru namun bagi sobat yang lain juga dapat menerapkan manfaat blog untuk bidang lain. Saya mulai mengenal blog sekitar tahun 2009 pada saat itu teman saya lagi mengakses/browsing Internet mengenai harga kamera digital. Pada pandangan pertama tersebut... hehehe (cinta kali yah) saya langsung jatuh hati dan kepengin membuat blog namum saya belum bisa mengoperasikan komputer, dan membuat blog. Hal ini saya lakukan dengan alasan bahwa blog merupakan media komunikasi yang sangat efisisen karena pembuatan blog bisa secara gratis dan blog bisa menjangkau ke seluruh jagat internet tanpa mengenal ruang dan waktu. Lewat media internet kita bisa belajar mandiri atau otodidak, beda dengan belajar klasikal, kita bisa belajar melalui website maupun blog.
Perkembangan Internet terutama blog  sangat pesat hal ini bisa di lihat dari catatan  situs technorari yang mengatakan bahwa setiap 5,8 detik lahir blog baru atau sekitar 8.000 sampai 17.000 lahir blog baru di jagat   internet, hal ini juga berbanding lurus dengan pengguna internet atau blog. Dari kenyataan ini saya berfikir kenapa perkembangan teknologi yang baik ini tidak dimanfaatkan dalam bidang profesi kita? sebagai jawabannya saya lebih rajin belajar komputer sekalian belajar internet, berkat usaha yang keras Alhamdulillah akhirnya saya memiliki blog yang saya gunakan sebagai media alternatif pembelajaaran di sekolah. Selanjutnya pertanyaan yang timbul  adalah bagaimana blog dapat digunakan sebagia media pembelajaran?
Mari kita belajar lagi khususnya dalam membuat blog pembelajaran, yang pertama kita harus punya blog bagi yang belum punya jangan khawatir karena mudah dan sangat cepat kalo mau membuat blog. Setelah kita punya blog isikan blog dengan konten-konten yang berisi materi ajar yang sobat ampu di sekolah. Saya sendiri sebagai guru penjasorkes membuat blog yang berisi konten-konten seputar materi penjasorkes, dari mulai silabus, program tahunan, program semester, maupun materi ajar yang bersifat praktis contohnya teknik dasar olahraga, dan video teknik dasar olahraga. Bisa juga diselingi tentang berita maupun artikel yang berhubungan dengan materi pembelajaran.
Jika blog pembelajaran kita anggap sudah cukup dengan konten materi ajar, langkah selanjutnya adalah mengenalkan blog pembelajaran tersebut kepada anak didik kita bila perlu mereka kita suruh mencatat alamat URL Blog kita agar mereka tidak lupa. Langkah selanjutnya pada saat kita mengajar kita beri tugas siswa kita untuk memperdalam materi yang kita ajarkan lewat browsing internet tentunya dengan alamat web atau Blog tersebut. Mudah bukan?
Apa sich manfaat dengan mengajar menggunakan Blog sebagai alternatif pembelajaran di sekolah? di bawah ini manfaat yang sudah saya dapatkan dari menerapakan pembelajaran dengan media Blog antara lain:
- Proses belajar mengajar lebih menyenangkan dan efektif karena melalui Blog siswa dapat belajar di luar kelas artinya belajar tidak terbatas oleh ruang dan waktu.
- Manfaat bagi guru adalah materi ajar lebih banyak dan variatif karena kalau menggunakan tatap muka di kelas waktu sangat terbatas dan mungkin membosankan bagi siswa. selain itu kita dapat mengembangkan tulisan dan budaya menulis dan yang tidak kalah menarik lagi kita juga dapat memanfaatkan blog pembelajaran yang kita buat untuk menghasilkan uang tambahan seperti yang saya lakukan... Asyik bukan? dan menurut kabar tulisan artkel yang kita upload di blog nantinya bisa dijadikan nilai point untuk angka kredit dalam pengajuan Penilaian Angka Kredit (PAK) bagi guru yang akan naik pangkat. Inilah secuil pengalaman yang saya bagikan kepada sobat bloger mudah-mudahan bermanfaat. Saya menyadari tulisan ini jauh dari sempurna untuk itu Kritik, saran, dan komentar selalu saya harapkan dari sobat bloger demi perbaikan mutu blog pembelajaaran ini, saya hanyalah manusia biasa berusah belajar dan berbagi. Terima kasih