Sunday, March 25, 2012

Materi Renang SMP

Pengertian:
Berenang adalah gerakan sewaktu di air, tanpa meggunakan perlengkapan tambahan. Berenang dalam mapel olahraga dapat di artikan segabai gerak dalam air dengan metode dan gaya tertentu untuk bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.
Sejarah:
Manuasia sudah berenang sejak zaman prasejarah, bukti tertua mengenai berenang adalah lukisan-lukisan tentang perenang dari zaman Batu telah ditemukan di"Gua Perenang" yang berdekatan dengan Wadi Sora di Gilf Kebir, Mesir barat daya.
Perlombaan renang di Eropa dimulai sekitar tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Sebagian peserta waktu itu menggunakan gaya dada. Pada tahun 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya rangkak depan atau disebut gaya trudgen dalam perlombaan renang di dunia barat. Trudgen menirunya dari teknik renang gaya bebas suku Indian di Amerika Selatan. Renang pertama masuk dalam Olimpiade Athena 1896. Pada tahun 1900, gaya punggung dimasukan sebagai nomor baru renang Olimpiade. Persatuan renang seluruh dunia, Federtion Internationale de Natation (FINA) dibentuk pada tahun 1908. Gaya kupu-kupu menjadi salah satu gaya yang diperlombakan tahun 1952.
Macam-macam Gaya Renang:
-Gaya Crawl (gaya bebas)
-Gaya Breastrooke (gaya dada)
-Gaya Back Crawl (gaya punggung)
-Gaya Buterfly (gaya kupu-kupu)
Bagamana dan cara melakukan teknik gaya-gaya di atas akan diulas dalam postingan berikutnya. Jadi jangan lupa ssering berkunjung di blog ini hehehe...